sign up SIGN UP search

kehamilan

13 Arti Mimpi Hamil dan Melahirkan, Pertanda Apa?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 16:02 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Tidur 13 arti mimpi hamil dan melahirkan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dolgachov
Jakarta -

Mimpi hamil dan melahirkan dapat dialami seseorang yang belum menikah atau bahkan sudah memiliki anak. Banyak orang percaya, mimpi bisa menjadi pertanda baik, Bunda.

Dilansir Psychology Today, mimpi adalah cerita yang 'disampaikan' oleh otak selama tahap tidur REM (rapid eye movement). Sebagian besar mimpi terdiri dari serangkaian gambar, sensasi, dan emosi, yang dapat menyenangkan hingga menakutkan.

Setiap orang biasanya akan mengalami banyak mimpi selama tidurnya. Mimpi telah lama dipandang sebagai pesan atau sarana untuk memprediksi masa depan, Bunda.


Mimpi hamil dan melahirkan

Mimpi dapat muncul tanpa diduga dan secara acak. Seseorang yang belum menikah dan punya anak bahkan bisa mengalami mimpi hamil dan melahirkan.

Menurut kepercayaan masyarakat, mimpi hamil bisa memiliki arti tertentu. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina menunjukkan, mimpi tentang kehamilan sangat umum bagi wanita yang tidak hamil.

Banner Penyebab Janin CacatFoto: HaiBunda / Dwi Rachmi

Mengutip laman Psych News Daily, studi ini meneliti lebih dari 100 wanita hamil dan tidak hamil. Hasil penelitian menemukan bahwa 83 persen responden yang tidak hamil akan bermimpi hamil.

Namun, sebagian besar masyarakat juga percaya bahwa mimpi hamil dan melahirkan bisa menjadi prediksi hamil sesungguhnya. Bahkan, ini bisa menjadi pertanda baik terkait kehamilan.

Lalu apa saja arti mimpi hamil dan melahirkan? Apa benar ada mimpi yang bisa menjadi pertanda hamil yang sebenarnya?

Arti mimpi hamil dan melahirkan

Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 13 arti mimpi hamil dan melahirkan serta kaitannya dengan pertanda baik kehamilan:

1. Berharap untuk bisa segera hamil

Mimpi hamil dan melahirkan bisa menjadi refleksi keinginan Bunda untuk segera mendapatkan momongan. Jika seseorang sangat ingin hamil, maka mimpi tentang kehamilan adalah keinginan mereka yang muncul di dunia mimpi.

"Bagi sebagian orang, mimpi hamil dikaitkan dengan fakta bahwa orang tersebut memang sedang ingin memiliki bayi dalam waktu dekat," kata profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo, MD, dilansir Women's Health.

2. Pertanda sedang hamil

Saat hamil, biasanya Bunda lebih sering bermimpi dan mengingat mimpi tersebut setelah bangun dari tidur. Dikutip dari Insider, hal tersebut terjadi karena hormon dalam tubuh berubah sehingga berdampak pada emosi.

Sebuah studi tahun 2018 di jurnal International Association for the Study of Dreams yang melibatkan 143 wanita hamil dan 125 wanita tidak hamil menemukan, mereka yang hamil mengalami kecemasan yang lebih besar dalam mimpinya daripada mereka yang tidak hamil. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa wanita hamil empat kali lebih mungkin untuk bermimpi tentang hamil daripada wanita yang tidak hamil.

Ibu Hamil TidurIbu Hamil Tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/YakobchukOlena

3. Ketakutan untuk hamil

Rasa takut yang berlebihan saat sadar juga bisa muncul sampai ke dunia mimpi, Bunda. Misalnya, ketakutan untuk hamil lagi atau tidak siap memiliki anak.

"Jika seseorang mencoba menjadi orang tua atau takut akan perubahan hidup baru yang dapat ditimbulkan oleh kehamilan, mimpi ini mungkin melambangkan kekhawatiran di alam bawah sadar tentang bayi yang belum lahir," ujar psikiater di The Pleasant Dream, Dr. Nereida Gonzalez-Berrios.

4. Bunda mengalami stres atau kecemasan saat hamil

Mimpi hamil dan melahirkan juga bisa menjadi pertanda adanya rasa cemas dan stres selama kehamilan. Para ahli setuju bahwa mimpi berbasis rasa takut yang berfokus pada kehamilan dapat mencerminkan kecemasan.

Ibu hamil atau bumil mungkin mengalami stres dan kekhawatiran terkait kehamilannya. Mimpi ini juga bisa berarti tidak terlalu menginginkan kehamilan.

5. Mengalami kelelahan

Mimpi melahirkan atau hamil juga dapat menandakan Bunda sedang mengalami kelelahan. Biasanya, arti mimpi kelelahan ini muncul dalam bentuk mimpi hamil lalu mengalami perdarahan.

"Memimpikan Perdarahan selama kehamilan biasanya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, meskipun Anda akan sangat tidak ingin melihatnya bahkan di dalam mimpi, terutama selama trimester pertama, di mana perdarahan menjadi kekhawatiran hampir semua wanita hamil," kata analis mimpi profesional, Lauri Loewenberg, dikutip dari The Cut.

6. Arti mimpi melahirkan: siap menjadi orang tua

Arti mimpi melahirkan bisa berarti Bunda sedang bersiap untuk menjadi ibu. Mengutip Romper, mimpi ini bisa merepresentasikan kegembiraan, bahkan keraguan pada seluruh proses kelahiran atau persiapan menjadi ibu.

"Jika Anda sedang hamil dan bermimpi melahirkan, ini adalah alam bawah sadar Anda dalam mempersiapkan peristiwa besar (kelahiran)," kata Loewenberg.

7. Arti mimpi melahirkan: mendapatkan ide baru

Sebagian besar mimpi tentang melahirkan memiliki satu kesamaan, yakni mimpi tentang penciptaan, apakah itu lahirnya seorang bayi atau ide baru. Tapi terkadang arti mimpi ini adalah cara Bunda untuk mengekspresikan diri

"Terkadang melahirkan dalam mimpi bisa berarti ada sesuatu yang dibutuhkan dan ingin keluar ke tempat terbuka. Bisa saja ini tentang berita atau ide yang selama ini disimpan dalam diri sendiri," ungkap Loewenberg.

8. Mengalami perubahan hidup

Mimpi melahirkan, terutama bayi perempuan, dapat diartikan sebagai perubahan hidup baru yang telah lama ditunggu-tunggu. Perubahan ini dianggap sebagai energi positif, Bunda.

Mimpi melahirkan bayi perempuan juga dapat berarti awalan baru dalam kehidupan. Entah itu di kehidupan pribadi atau terkait pekerjaan.

Asian women She is in bed and was waking up in the morning. She felt very refreshed.Ilustrasi Ibu Hamil tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai

9. Khawatir dengan persalinan

Mimpi melahirkan saat hamil bisa dikaitkan dengan proses persalinan. Secara spesifik, mimpi yang dimaksud adalah mimpi melahirkan sesuatu bukan manusia atau bayi.

Bila terjadi saat hamil, ini berarti Bunda memiliki rasa khawatir tentang persalinan. Bila tidak hamil, ini berarti seseorang takut dengan masa depannya.

10. Rasa cemas tentang persalinan

Dr. Tore Nielsen di University of Montreal mengatakan bahwa mimpi yang menakutkan dapat dikaitkan dengan kondisi yang terjadi pada diri sendiri. Penelitian dari awal 2000-an menunjukkan bahwa arti mimpi ini menjadi tanda adanya kecemasan dalam diri sendiri terkait kehamilan yang sebenarnya.

"Arti mimpi hamil seperti ini mungkin mencerminkan kekhawatiran yang normal, kecemasan tentang persalinan, atau masalah tidur seperti insomnia. Ada kemungkinan bahwa mimpi mendukung fungsi regulasi emosi, terutama selama periode transisi hidup yang cepat," ujar Nielsen, dilansir dari Cosmopolitan.

12. Persalinan akan mudah

Di beberapa kebudayaan, mimpi hamil, terutama anak laki-laki, dapat menjadi pertanda bila persalinan akan mudah. Mimpi mengandung anak laki-laki dapat mewakili harapan sekaligus kecemasan Bunda tentang persalinan. Mimpi ini dapat membawa emosi dan perasaan yang sebelumnya belum pernah dirasakan.

Namun, arti mimpi dapat berbeda bila dialami wanita yang sedang tidak hamil. Mimpi mengandung anak laki-laki bisa menjadi pertanda positif di masa depan, seperti finansial yang cukup atau adanya peluang baru dalam pekerjaan.

13. Mendapatkan kekayaan

Mimpi hamil, terutama hamil muda, dapat memiliki arti hidup baru bagi orang yang mengalaminya. Hal ini juga dapat diartikan bahwa diri Bunda sedang melakukan pengenalan diri atau sedang berpikir untuk melakukan sesuatu yang baru.

Mimpi hamil muda juga sering dikaitkan dengan pertanda baik. Seseorang yang bermimpi ini akan mendapatkan sesuatu yang membahagiakan, seperti harta atau kekayaan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 arti mimpi haid yang sering dikaitkan dengan tanda kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!