kehamilan

Dampak Ibu Hamil Makan Makanan Pedas

Yuni Ayu Amida Jumat, 02 Aug 2019 13:30 WIB
Dampak Ibu Hamil Makan Makanan Pedas
Jakarta - Ibu hamil yang menyukai makanan pedas pastinya bertanya-tanya, amankah mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan. Simak paparan para ahli ini, Bun.

Melansir Live Strong, para ahli medis sepakat bahwa makanan pedas aman dikonsumsi selama kehamilan. Makanan pedas tidak akan membahayakan bayi dalam kandungan yang sedang tumbuh. Bahkan, mungkin makanan pedas membantu bayi mengembangkan rasa terhadap rempah-rempah tertentu di kemudian hari.

Selain itu, mengutip dari Romper, dijelaskan dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr.Kathryn Wright dari Facey Medical Group, bumbu pedas tidak memengaruhi reaksi bayi dalam kandungan. Kecuali makanan pedas yang bumil makan mengandung tinggi karbohidrat atau gula.


"Biasanya makanan karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah ibu hamil, sehingga meningkatkan kadar gula darah bayi dalam kandungan, yang akhirnya membuatnya jadi lebih aktif," ujar Wright.

Lebih lanjut, mengonsumsi makanan pedas memang tidak sama sekali memengaruhi bayi secara negatif, tapi dapat menimbulkan kekacauan pada sistem pencernaan bumil sendiri. Asam tambahan dari makanan pedas dapat menyebabkan ibu hamil mulas berkepanjangan dan morning sickness semakin buruk. Ini karena rahim dan bayi yang sedang tumbuh meningkatkan asam lambung di perut ibu.

Dampak Ibu Hamil Makan Makanan PedasFoto: Instagram

Hal ini dipertegas ahli diet Melanie McGrice, makanan pedas memang dapat memperburuk mulas. "Mulas disebabkan peningkatan hormon progesteron yang melonggarkan flap di tenggorokan Anda, yang biasanya menghentikan cairan perut naik kembali. Sayangnya, makanan pedas dapat memperburuk mulas karena mereka meningkatkan produksi asam lambung," jelasnya, dilansir Now To Love.

Kata McGrace, makanan pedas dapat memperburuk mual di pagi hari karena rempah-rempah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang artinya perut bumil menghasilkan lebih banyak asam yang meningkatkan mual. Jadi, McGrice menyarankan, jika ibu hamil mengalami mulas, sebaiknya hindari makanan pedas selama hamil.

Hal senada diungkapkan dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Garden City OB-GYN di New York, Seth Plancher, tidak masalah ibu hamil makan makanan pedas, namun jangan makan dalam jumlah berlebihan.

"Jika Anda ingin makan makanan pedas dengan aman sepanjang kehamilan, dan menghindari gangguan pencernaan dan mulas, makanlah dalam jumlah yang lebih sedikit," ujar Plancher.

Simak pula video resep makanan pedas ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi