kehamilan

Hindari Konsumsi Hati Saat Hamil, Apa Alasannya?

Muhayati Faridatun Kamis, 01 Aug 2019 16:37 WIB
Hindari Konsumsi Hati Saat Hamil, Apa Alasannya?
Jakarta - Semasa kehamilan, Bunda harus menghindari untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Salah satunya hati atau produk hati. Apa alasannya?

Melansir dari Tommys, hati atau apapun produk hati baiknya Bunda hindari semasa kehamilan. Dijelaskan, hati mengandung vitamin A tinggi sehingga bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Hindari juga mengonsumsi minyak hati ikan seperti minyak hati ikan kod, serta makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin A. Biasanya, dalam kemasan makanan tertulis 'diperkaya dengan vitamin A'. Maka dari itu, Bunda harus jeli ya.


"Kami ingin supaya wanita hamil lebih memilih mendapatkan asupan nutrisi dari pola makan sehat dan bervariasi, termasuk dari asupan buah dan sayuran segar, daripada mengonsumsi suplemen secara asal dan berlebihan," tutur Janet Fyle, penulis buku Infant Feeding: A Resource for Health Care Professionals and Parents.

Hindari Konsumsi Hati Saat Hamil, Apa Alasannya?Ilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Sementara itu, dikutip dari Baby Centre, hati dan produk hati lebih baik dihindari ibu hamil karena bisa mengandung vitamin A dalam bentuk retinol berjumlah besar. Jika terlalu banyak, bisa berakibat buruk bagi janin dalam kandungan.

Sedangkan, multivitamin yang dijual bebas di pasaran biasanya mengandung vitamin A dosis tinggi. Nah, kalau ibu hamil mengonsumsi vitamin A terlalu banyak, bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan keracunan hati.

Semasa hamil, Bunda sebenarnya membutuhkan vitamin A sekira 770 mikrogram (2,565 IU/international unit) setiap hari. Vitamin A secara alami bisa didapat dari daging, susu, ikan, telur, sereal, serta sebagian besar buah dan sayuran, dalam bentuk beta-karoten. Nantinya, tubuh akan mengonversi nutrisi tersebut menjadi vitamin A.

Bunda, simak juga ya tips perawatan diri setelah melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi