kehamilan

Kebahagiaan Kartika Putri Bisa Melihat Wajah Bayinya Lewat USG

Asri Ediyati Sabtu, 10 Aug 2019 16:56 WIB
Kebahagiaan Kartika Putri Bisa Melihat Wajah Bayinya Lewat USG
Jakarta - Kartika Putri tengah menikmati masa kehamilannya. Memasuki usia kehamilan yang ketujuh bulan, Kartika melakukan tes USG. Dalam video berdurasi pendek yang diunggah di Instagram-nya itu, Kartika melihat bentuk wajah bayinya.

Kartika tampak terkejut dan bahagia ketika melihat kemiripan wajah bayi dengannya. Menurut Kartika, si kecil rupanya memiliki bentuk bibir yang sama dengannya. Sang suami, Habib Usman bin Yahya juga sependapat dengan Kartika.


"Oh! Bibirnya mirip kayak aku!" ujar Kartika Putri.


Kartika Putri juga menulis caption manis di unggahannya itu. Ia ingin si kecil nyaman tinggal di rahim. Kartika juga memohon doa dari penggemarnya untuk melancarkan kehamilan dan persalinannya kelak.

"MasyaAllah nak. Sehat selalu ya.. enjoy ya nak diperut bunda tinggal beberapa bulan lagi kita ketemu. Face to face MasyaAllah..Semoga Allah lancarkan semua ya nak. Mohon doanya ya semua. Babynya kira kira pas keluar mirip siapa ya hahaha tetep. Yang penting sehat ya nak.. I love you so much my baby," tulisnya.

Selain USG 3D, Kartika Putri juga mengunggah foto USG 4D yang sedikit memperlihatkan wajah calon bayi. Kita doakan semoga Kartika Putri dan bayinya sehat selalu ya. Terkait USG atau ultrasonograph merupakan salah satu metode yang lumrah dilakukan ibu hamil untuk mengecek kondisi calon bayi. Hasil USG juga bisa dijadikan acuan untuk melihat tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

[Gambas:Instagram]


Dijelaskan dr.Rinto Riantori, Sp.OG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, di kehamilan 6 minggu ke atas biasanya sudah ditemukan denyut jantung janin. Saat melakukan USG, Rinto berpesan agar diperhatikan jumlah kantong dan jumlah janin, tunggal atau kembar.

"Di kehamilan 11 minggu janin akan semakin jelas, di sini bisa diperhatikan apakah ada tanda-tanda kecacatan atau tidak," kata Rinto saat berbincang dengan HaiBunda.

Memasuki trimester 2 dan 3, kondisi janin yang perlu diperhatikan adalah denyut jantung, gerak, ukuran, dan posisi janin. Kemudian, perhatikan juga posisi plasenta dan jumlah air ketuban.

"Ini harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui perkembangan janinnya bagus apa tidak. Makanya, disarankan USG dilakukan setiap bulan," kata Rinto.

Nah, untuk cara membaca hasil USG, Bunda bisa simak di sini.

Simak juga cara menghitung usia kehamilan dengan tepat melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi