kehamilan

Cerita Perubahan Sifat Kartika Putri Selama Hamil

Annisa Karnesyia Selasa, 06 Aug 2019 16:58 WIB
Cerita Perubahan Sifat Kartika Putri Selama Hamil
Jakarta - Memasuki usia kehamilan tujuh bulan, Kartika Putri mengaku banyak perubahan terjadi padanya. Istri Habib Usman bin Yahya ini jadi rewel banget, Bun.

Untungnya sang suami mengerti dengan kondisinya. Habib menjadi sosok suami siaga.

"Aku hamilnya ganggu banget, rewel banget, nyebelin, pemalas, untung Habibnya ngerti, siaga," kata Kartika, dikutip dari InsertLive.


Meski begitu, perubahan sifatnya sering memicu pertengkaran kecil dengan sang suami. Kartika menceritakan kejadian saat dirinya dan suami jalan-jalan ke Jepang beberapa waktu lalu.

Habib yang tiba-tiba ribet menjadi pemicu wanita 28 tahun itu ngambek. Ditambah, dalam kondisi hamil Kartika jadi mudah lelah.

"Tiba-tiba pas sampai di sana Habib ribet banget cari restoran halal. Kalau dia harus ada label halalnya. Aku akhirnya ngambeknya karena sudah capek," ujar Kartika.

Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya/Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya// Foto: Yuni Ayu Amida

Perubahan sifat yang jadi lebih sensitif selama hamil memang wajar, Bun. Kata asisten profesor klinis psikiatri di Baylor College of Medicine di Houston, Lucy Puryear, M.D, perubahan hormon berperan besar dalam perubahan mood selama dan setelah hamil.

"Setiap wanita berbeda, tapi beberapa mungkin mengalami perubahan emosi yang ekstrem," ujar Puryear, dilansir Parents.

Naik dan turunnya hormon estrogen dan progesteron dalam darah bisa mengubah emosi menjadi sensitif, mudah marah, dan sedih di trimester pertama kehamilan. Jika ini terjadi, sebaiknya Bunda curhat ke pasangan atau keluarga.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Cara ini juga ampuh untuk mengikis perasaan negatif di pikiran.

"Kondisi fisik yang baik penting untuk kesehatan emosi selama hamil," tutur Geetha Shivakumar, M.D, asisten profesor di Departemen Psikiatri di UT Southwestern Medical Center di Dallas.

Bicara tentang kehamilan, ketahui juga cara tepat hitung usia kehamilan di video berikut ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi