parenting

Cara Kartika Putri Dekat dengan 3 Anak Habib Usman

Annisa Karnesyia Kamis, 13 Jun 2019 13:00 WIB
Cara Kartika Putri Dekat dengan 3 Anak Habib Usman
Jakarta - Semenjak resmi menjadi istri Habib Usman Bin Yahya, ada yang berubah dari hidup Kartika Putri. Salah satunya menjadi ibu sambung dari tiga anak Habib Usman dari pernikahan sebelumnya.

Wanita 28 tahun ini mengaku sempat kaget saat menjadi ibu sambung. Untunglah orang terdekatnya selalu memberi dukungan.




"Caranya (pendekatannya) ajaib, karena tanpa adaptasi, shock juga. Tapi alhamdulillah aku punya teman-teman yang sudah pengalaman, dan Habib itu orangnya mau discuss, ibunya anak-anak juga mau diajak discuss," kata Kartika, dikutip dari InsertLive.

Dipercaya menjadi ibu sambung, Kartika justru merasa percaya diri. Misalnya dalam mendidik si bungsu yang berusia 4 tahun. Sempat susah diberi pengertian, kini sang anak justru menurut pada Kartika.

"Kayak yang umur 4 tahun tuh, kalau dulu mamanya kan kayak enggak bisa dibilangin, enggak mau sholat, susah segala macam. Pas disini, alhamdulillah puasa full," ujar Kartika.

Untuk menjadi ibu sambung, Kartika banyak bertanya pada mantan istri Habib Usman, Bun. Misalnya, soal kelemahan ketiga anak sambungnya.

Cara Kartika Putri Dekat dengan 3 Anak Habib Usman/Cara Kartika Putri Dekat dengan 3 Anak Habib Usman/ Foto: (Palevi/detikHOT)

Nah, untuk gaya parenting, Kartika mengaku cukup galak. Untuk anak keduanya yang sedikit 'nakal', Kartika dan suami mengaku sangat tegas menghadapinya.

"Galak sih iya. Pendekatan dulu, enggak tiba-tiba datang galak, sudah tahu kelemahannya apa, kekurangannya mereka apa," papar Kartika.

"Misalnya anak kedua, dia itu takut banget ditinggal pergi. Kalau memang dia melakukan kesalahan, kita benar-benar tinggal," sambungnya.

Menjadi ibu sambung memang enggak mudah, Bun. Paling baik memang tetap menjaga komunikasi dengan mantan istri suami dan berusaha dekat dengan anak sambung.


Kata psikolog anak, Kartini Taslim, MPsi, butuh proses pengenalan antara anak dan ibu sambungnya. Meskipun anak terlihat baik-baik saja, namun untuk persoalan satu ini memang membutuhkan waktu agar si anak dapat menerima sepenuhnya.

"Harus diingat bahwa sejak awal anak memiliki ibu kandungnya sendiri. Tidak mudah untuk anak langsungĀ menerima sosok baru yang masuk dalam keluarganya. Maka proses saling mengenal di dalam keluarga menjadi penting," kata wanita yang akrab disapa Nana ini, dilansir detikcom.

[Gambas:Video Insertlive]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi