kehamilan

Tekad Yasmine Wildblood Lahirkan Anak Kedua Secara Normal

Muhayati Faridatun Jumat, 23 Aug 2019 16:45 WIB
Tekad Yasmine Wildblood Lahirkan Anak Kedua Secara Normal
Jakarta - Usia kehamilan artis cantik Yasmine Wildblood kini memasuki 8 bulan, Bun. Istri Abi Yapto ini begitu berharap bisa melahirkan anak kedua secara normal.

"Tanggal aku enggak tahu karena memang mau lahiran normal, tapi di awal Oktober," ucap Yasmine, dikutip dari detikcom.

Bukan tanpa alasan, bunda 26 tahun ini menginginkan persalinan kedua secara normal seperti putri pertamanya, Seraphina Rose, yang lahir pada 21 Oktober 2016. Ia juga berharap, anak kedua terlahir selamat dan sehat.


Ketika ditanya nama bayi yang sudah dipersiapkan, Yasmine mengaku ada beberapa nama pilihan. "Ada lah beberapa pilihan nama, depan udah, nama tengah belum dapat nih. Nama belakangnya, nama Bapaknya dong," ungkap bintang video klip lagu Nidji, Arti Sahabat.

Tekad Yasmine Wildblood Lahirkan Anak Kedua Secara NormalYasmine Wildblood bersama putri pertamanya/ Foto: Instagram/yaswildblood
Makin dekat waktu persalinan seperti Yasmine, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan termasuk kesiapan mental. Kalau ingin melahirkan secara normal, Bunda hanya tahu kapan HPL dan menunggu sampai tanda-tanda kelahiran itu datang.

Dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, dr.Fredrico Patria, Sp.OG, menjelaskan, rasa takut bisa menghampiri Bunda saat waktu persalinan semakin dekat.

"Sekitar 5 sampai 20 persen wanita mengalami ketakutan saat akan melahirkan," terang dokter yang praktik di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

[Gambas:Instagram]

Diungkapkan, para peneliti di Norwegia menemukan, wanita yang merasa takut membutuhkan waktu lebih lama saat proses persalinan dibanding yang tidak merasa takut. Apa saja sih yang ditakutkan?

1. Takut sakit

Takut akan rasa sakit saat melahirkan sangatlah wajar, terlebih bagi Bunda yang akan melahirkan anak pertama. Biasanya, mereka tak membayangkan rasa sakit kontraksi, atau takut digunting dan dijahit. Padahal, dokter pastinya memberikan anastesi jika diperlukan.

2. Takut meninggal

Mungkin Bunda pernah mendengar kisah persalinan dimana salah satu atau keduanya (ibu dan bayi) meninggal dunia. Inilah yang menyebabkan ketakutan Bunda meningkat saat menghadapi persalinan. Faktanya, sekarang ini, tingkat kematian ibu dan bayi justru terus menurun.

3. Takut bayi meninggal atau cacat

Setiap orang tua pasti berharap sang buah hati terlahir selamat dan sehat. Tapi, sebagian Bunda juga dihantui ketakutan, bayi yang akan dilahirkan cacat atau bahkan meninggal.

"Padahal, kalau memang ada apa-apa, dokter akan memberi tahu saat periksa kehamilan," kata Fredrico.

4. Takut persalinan lama

Proses persalinan memang butuh waktu lama mulai dari fase kontraksi, mengejan, sampai bayi benar-benar dilahirkan. Wajar kalau selama proses itu, Bunda makin gelisah karena membayangkan rasa sakit juga akan lama.

5. Takut infeksi

Ketakutan akan terserang bakteri atau virus saat melahirkan wajar Bunda alami. Alasannya karena organ intim kewanitaan memang sangat sensitif.

Untuk meredam ketakutan itu, Fredrico menyarankan, "Percayakan saja semuanya pada dokter dan bidan."


Simak juga yuk, cerita Yasmine Wildblood yang tertantang naik gunung saat hamil anak kedua, dalam video berikut:

[Gambas:Video Insertlive]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi