sign up SIGN UP search


kehamilan

Kadar HCG Masih Tinggi, Tes Kehamilan Disarankan Pagi Hari

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 16 Sep 2019 18:00 WIB
HCG merupakan salah satu hormon yang dapat menjadi tanda Bunda positif hamil. caption
Jakarta - Bunda sering mendengar istilah Human Choronic Gonadotropin (hCG)? HCG merupakan salah satu hormon utama yang menandai terjadinya kehamilan.

Itu sebabnya kalau melakukan tes kehamilan, kadar hCG yang diukur untuk memberitahukan apakah Bunda hamil atau tidak. Ketika kadar hCG lebih banyak, maka indikator alat tes kehamilan akan menunjukkan dua garis sebagai pertanda positif hamil.

Setelah implantasi terjadi, plasenta mulai terbentuk dan mengeluarkan hCG. Kadar hCG meningkat dan mengirimkan sinyal ke corpus luteum, untuk terus memproduksi progesteron yang memiliki andil dalam mempertahankan lapisan rahim (yang seharusnya dilepaskan dan terjadilah menstruasi), serta mendukung embrio yang sedang berkembang. Atas alasan inilah, sinyal hCG kerap disebut sebagai penyelamat corpus luteum, seperti dikutip dari laman Ava Women.


Setiap wanita biasanya memiliki kadar hCG yang sangat rendah (kurang dari 5 IU/mL). Namun, kadar hCG akan lebih meningkat setelah plasenta mulai mengeluarkannya dalam jumlah tinggi.

Kadar HCG Masih Tiggi, Tes Kehamilan Disarankan Pagi HariHCG tes kehamilan/ Foto: iStock

Ketika hCG naik menjadi lebih besar dari 25 IU/mL, kadar ini dianggap secara signifikan lebih tinggi dari keadaan normal seorang wanita. Kondisi tersebut menjadi indikasi bahwa seorang wanita tersebut dianggap hamil.

Dr Stephanie Romero dari University of South Florida Morsani College of Medicine mengatakan, melalui alat tes kehamilan, kadar hCG diukur melalui urin untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak.

"Setelah sperma dan sel telur bertemu di tuba fallopi, sel telur menempel pada rahim dan mulai mengeluarkan hormon kehamilan" kata Romero dikutip dari laman Health US News.

Romero merekomendasikan untuk tes kehamilan di pagi hari saat urin masih sangat pekat dan hCG terdeteksi tinggi. Kemudian, lakukan pengujian sesuai dengan waktu yang disarankan.

"Jika dikatakan menunggu dua menit maka Bunda benar-benar harus menunggu dua menit penuh sebelum melihat hasilnya agar akurat," tambahnya.

Nah, sudah tahu kan, Bun, sekarang apa itu hCG yang menjadi penanda kehamilan. Semoga membantu, Bun!

Perhatikan juga nih, Bun, pijat nyaman untuk ibu hamil!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi