kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Olahraga Zumba?

Yuni Ayu Amida Sabtu, 28 Sep 2019 11:23 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Olahraga Zumba?
Jakarta - Salah satu olahraga yang cukup membakar kalori adalah zumba, Bunda. Tapi, apakah ketika hamil kita boleh melakukan olahraga zumba? Simak penjelasan ahli ini ya.

Dikatakan instruktur zumba, Nadya Putriani, saat hamil Bunda tetap boleh melakukan zumba. Karena sebenarnya zumba itu banyak kategorinya. Ada zumba dalam air namanya aqua zumba, ada pula zumba yang rendah risiko yakni zumba gold.

"Spesial case mungkin lansia atau yang punya masalah sama lutut atau ibu hamil, itu namanya zumba gold," jelas Nadya saat ngobrol dengan HaiBunda saat acara HaiBunda Squad Septembergerak di Hotel Harris Tebet, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).


Bedanya zumba gold dengan zumba lainnya yakni zumba gold lebih rendah risiko, karena tidak terlalu banyak lompatan. Dan tentunya lebih aman untuk diikuti ibu hamil.

"Lebih low risk untuk di bagian pinggul, jadi enggak ada muter pinggul, jadi lebih aman, safety, yang penting bergerak dan meningkatkan si metabolisme tubuh itu sendiri," tuturnya.

Terkait di usia kehamilan berapa Bunda boleh zumba, kata Nadya itu balik lagi ke catatan medis masing-masing, Bun. Jadi, meskipun ibu sedang hamil muda, atau hamil tua, kalau memang Bunda sudah terbiasa olahraga zumba, enggak masalah.

Nadya PutrianiNadya Putriani/ Foto: Nathania/ HaiBunda
"Misal si ibu ini sebelum hamil udah biasa olahraga, jadi ototnya udah ada, jadi enggak apa-apa," ucap Nadya.

"Tapi basicnya enggak suka olahraga, kalau olahraga malah jadi kaget, risk juga. Jadi balik lagi ke medical record sama konsul ke dokter masing-masing," sambungnya.

Simak juga soal aqua zumba ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi