kehamilan

Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Tunjukkan Jenis Kelamin Bayi?

Melly Febrida Senin, 09 Sep 2019 17:00 WIB
Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Tunjukkan Jenis Kelamin Bayi?
Jakarta - Bentuk perut ibu hamil tak jarang dikaitkan dengan jenis kelamin bayi. Dipercaya kalau perut ibu hamil bulat tandanya mengandung anak laki-laki. Sedangkan, bila perut ibu hamil cenderung melebar, disebut hamil anak perempuan.

Terkait hal ini, Leo Doherty, M.D., ahli endokrinologi reproduksi mengatakan belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran hal itu, Bun.


"Tidak ada bukti ilmiah atau studi yang mengatakan jenis kelamin bayi memengaruhi bentuk perut ibu hamil," kata Doherty, mengutip Self.


Menurutnya, sering kaliĀ ibu hamil senang mendengar hal-hal ini dan berspekulasi tentang jenis kelamin. "Tetapi saya tentu tidak akan membuat keputusan seperti mengecat kamar bayi dengan warna tertentu berdasarkan semua itu," kata Doherty.

Sebagian besar dokter juga tidak setuju dengan anggapan jenis kelamin bayi bisa menentukan jenis kelamin janin. Selain bentuk perut ketika hamil, mimpi selama hamil juga disebut bisa menunjukkan jenis kelamin bayi.

Bila hamil anak laki-laki ibu hamil akan lebih sering bermimpi. Meski, untuk hal ini belum ada ilmu pengetahuan yang membuktikannya. Sebenarnya, bentuk perut Bunda saat hamil ditentukan berbagai faktor. Misalnya kalau otot perut Bunda kencang dan hamil anak pertama, perut bisa lebih bulat.

Faktor lain yang berpengaruh adalah tinggi badan dan posisi bayi. Kalau bayi menyamping, perut terlihat lebar. Dan jika bayi sungsang, kepalanya berada tepat di bawah tulang rusuk sehingga benjolan perut tampak sedikit tinggi. Terlebih jika dekat waktu melahirkan, perut bisa lebih tampak turun.

Kalau penasaran banget dengan jenis kelamin bayi, ada cara yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan tes darah dan USG yang dilakukan dokter. Selain itu, jika Bunda hamil melalui program bayi tabung, Bunda bisa tahu jenis kelamin bayi lebih awal.

ilustrasi bentuk perut ibu hamililustrasi bentuk perut ibu hamil/ Foto: iStock
"Dalam program bayi tabung, kita bisa melakukan biopsi embrio sebelum ditransfer dan melakukan skrining kromosom yang komprehensif. Anak laki-laki akan memiliki kromosom X dan Y, kemudian anak perempuan akan memiliki kromosom X dan X," papar Doherty.


"Bagaimana bentuk perutĀ ibu hamil ditentukan oleh tonus otot, bentuk tubuh, berat badan dan posisi bayi. Jadi, tidak ditentukan dari jenis kelamin bayi yang dikandung," kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Dr.Alex Polyakov.

Bunda, ketahui juga pijat khusus ibu hamil, di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi