kehamilan

Mudah Diikuti, Cara Rumahan Tangani Heartburn Saat Hamil

Asri Ediyati Sabtu, 05 Oct 2019 14:27 WIB
Mudah Diikuti, Cara Rumahan Tangani Heartburn Saat Hamil
Jakarta - Saat hamil, Bunda pernah mengalami heartburn? Atau belum kenal dengan istilah ini? Heartburn adalah rasa terbakar di dada namun tak ada hubungannya dengan jantung. Rasa tidak nyaman dan seringkali membuat frustasi para wanita terutama ibu hamil.

Ya, kehamilan meningkatkan risiko mengalami heartburn atau kenaikan asam lambung (acid reflux). Menurut Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, selama trimester pertama, otot di esofagus mendorong makanan perlahan ke lambung dan akan memakan waktu lama untuk mengosongkannya. Ini lah yang membuat tubuh lebih lama menyerap nutrisi untuk janin, namun hal itu juga bisa menyebabkan heartburn.
heat

"Selama trimester ketiga, pertumbuhan janin akan menekan lambung dari posisi normalnya, ini yang menyebabkan heartburn. Namun, bagaimana pun tiap wanita berbeda. Hamil bukan berarti Anda memiliki heartburn. Ini bisa disebabkan banyak faktor, termasuk fisiologi, makan, perilaku harian dan kehamilan," kata Wilson yang seorang profesor dan praktisi kesehatan holistik.

Lantas, bagaimana jika heartburn terjadi saat hamil. Jangan panik, bisa ikuti cara rumahan tangani heartburn.


1.Kunyah permen karet tanpa gula

Lakukan selama sekitar setengah jam setelah makan meningkatkan produksi air liur. Hal ini dapat menetralkan kelebihan asam di kerongkongan Bunda. Khawatir tentang pemanis buatan selama kehamilan? Permen karet tanpa gula baik-baik saja bila dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Jika Bunda termasuk wanita yang tidak cocok dengan permen beraroma mint karena bikin mulas. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung mint. Demikian dikutip dari What to Expect

2. Konsumsi almond

Makanlah beberapa kacang almond setelah setiap kali makan. Hal ini karena kacang-kacangan lezat ini menetralkan cairan di perut, yang dapat meringankan atau bahkan mencegah mulas.
Mudah Diikuti, Cara Rumahan Tangani Heartburn Saat Hamililustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
3. Minum susu

Tangani dengan segelas kecil susu almond setelah setiap kali makan atau perut merasa panas dalam perut. Bunda juga mendapatkan bonus kalsium. Beberapa calon ibu merasa nyaman dengan susu hangat yang dicampur dengan satu sendok makan madu.

4. Konsumsi pepaya

Pepaya segar, kering, atau beku-membantu meringankan mulas untuk beberapa wanita dan juga memiliki vitamin A dan C yang tinggi.

5. Gunakan pakaian nyaman dan atur posisi tidur yang tepat

Tetap duduk dalam posisi badan tegak selama setidaknya satu jam setelah makan. Jalan santai juga dapat mendorong pencernaan. Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak ketat.

Jika ingin tidur, gunakan bantal untuk mengangkat tubuh bagian atas. Berbaring di sisi kiri, jika di sisi kanan Bunda akan memposisikan perut lebih tinggi dari kerongkongan, yang dapat menyebabkan heartburn.


(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi