kehamilan

Ajaib! Ibu Kembar Identik Melahirkan di Hari yang Sama Tanpa Rencana

Yuni Ayu Amida Kamis, 17 Oct 2019 10:46 WIB
Ajaib! Ibu Kembar Identik Melahirkan di Hari yang Sama Tanpa Rencana
Jakarta - Dalam segala hal, biasanya anak kembar selalu kompak ya, Bunda, entah gaya berbusana, atau makanan favoritnya. Begitu pula dengan dua wanita kembar identik asal Meadville, Amerika Serikat ini. Menariknya, mereka bahkan melahirkan bayi di hari yang sama.

Melansir dari The Tribune Democrat, dua wanita yang diketahui bernama Bridgette dan Brittney Truax melahirkan bayi di Pusat Medis Meadville, pada 25 Agustus lalu.

Bridgette dan suami, Trevor Latchaw menyambut kelahiran putri mereka, Anna Leigh Latchaw, pada pukul 00.50 waktu setempat. Sedangkan Brittney dan suami, Daishawn Young menyambut putra mereka, Damari Young, pada pukul 15.10.


"Kami tidak merencanakannya atau apa pun," kata Brittney.

"Kami tidak pernah mendengar, si kembar masuk (ke ruang persalinan) bersama. Keluarga kami mengatakan, aku dan dia akan melahirkan pada hari yang sama dan aku tidak pernah percaya mereka," ujar Bridgette.

Mulanya, melahirkan di waktu yang sama ini tampak tidak mungkin. Hal ini karena ketika mereka mengetahui bahwa mereka hamil pada akhir Desember, dokter memperkirakan hari perkiraan lahir (HPL) mereka akan berjarak sekitar dua minggu. Pertama Bridgette, kemudian Brittney. Setelah beberapa bulan, perkiraan itu berkurang menjadi berjarak satu minggu.

Ajaib! Ibu Kembar Identik Melahirkan di Hari yang Sama Tanpa RencanaFoto: istimewa


Saat dokter Bridgette memutuskan untuk menginduksi persalinannya seminggu lebih awal dari tanggal kelahiran, ini terdengar seperti tidak akan ada persalinan bersamaan. Namun, sekitar satu jam setelah Bridgette melahirkan, saudara kembarnya menelepon dan memberi tahu bahwa dia sedang dalam perjalanan ke rumah sakit juga.

"Dia di sana lebih dulu. Aku akhirnya mengatakan padanya bahwa aku akan melahirkan, dan dia memberitahu semua perawat bahwa aku dalam perjalanan," jelas Brittney.

"Mereka semua kagum," sambung Bridgette.

Tentu ini adalah hal yang unik dan jarang terjadi ya, Bunda. Sepasang anak kembar bisa melahirkan di hari yang sama. Bicara soal keunikan anak kembar, dikatakan dr.Rizal Alaydrus, anak kembar identik memiliki kromosom dan genetik yang sangat mirip, jadi biasanya apapun yang mereka rasakan, informasi yang masuk ke otak mereka, cenderung sama.

"Rata-rata informasi yang mereka terima dan mereka olah biasanya output-nya sama. Anak kembar memiliki bahasa non verbal yang hanya anak kembar saja yang mengerti, kadang enggak harus ngomong mereka sudah mengerti nih," jelas Rizal, dalam tayangan Dr.Oz Indonesia Trans TV.

Selain itu, keunikan lainnya, karena anak kembar selalu bersama-sama, tinggal di lingkungan yang sama, sistem kekebalan tubuh mereka pun sama. Jadi ini memungkinkan, saat salah satunya sakit, maka kembarannya juga bisa ikut sakit.

"Jadi pada saat salah satu mengalami proses peradangan atau proses sakit masuk, itu bisa bareng-bareng," tegas Rizal.

Simak pula fakta dan mitos anak kembar ini, Bunda

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi