kehamilan

Cara Tepat Ibu Hamil Mencegah Janin Cacat Lahir

Yuni Ayu Amida Minggu, 27 Oct 2019 13:30 WIB
Cara Tepat Ibu Hamil Mencegah Janin Cacat Lahir
Jakarta - Tentunya setiap wanita hamil menginginkan kehamilan sehat sampai proses melahirkan. Namun, terkadang ada beberapa hal yang bisa menimbulkan janin lahir cacat lho, Bunda.

Dijelaskan dr.Ivan M. Sondakh, Sp.OG, proses kehamilan adalah proses yang panjang. Banyak hal yang bisa memengaruhi pertumbuhan janin, salah satunya nutrisi.

"Selain nutrisi, banyak faktor-faktor dari luar, misalnya penyakit ibu, penyakit yang mungkin tertular pada saat kehamilan, itu yang bisa menyebabkan terjadinya cacat janin," jelas Ivan kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Terkait kebutuhan nutrisi, kata Ivan, nutrisi terbagi menjadi dua yakni makro nutrien dan mikro nutrien. Makro nutrien di antaranya seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikro nutrien, seperti asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin.

"Ini (makro nutrien) sebenarnya tidak terlalu berarti buat kehamilan, biasanya kita hanya menambahkan sedikit dari kebutuhan biasanya. Yang sangat diperlukan itu mikro nutrien," terang Ivan.

Cara Tepat Ibu Hamil Mencegah Janin Cacat LahirFoto: Istimewa


Selain itu, untuk mencegah cacat janin, ibu hamil juga mesti memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Seperti harus memastikan makanan tersebut bersih, pengolahannya pastikan dicuci, serta harus dimasak sampai matang. Kemudian jangan sampai makanan masak terkontaminasi dengan makanan mentah.

"Makanan masak tidak boleh digabung dengan makanan mentah, kadang kita suka masukkan masakan matang di kulkas berselebahan sama yang mentah, itu enggak boleh," katanya.

Ibu hamil juga mesti memperhatikan aneka seafood, karena kadang banyak kontroversinya. Kita tidak tahu sumber seafood tersebut diambil dari mana, takutnya seafood tersebut mengandung merkuri yang pastinya berbahaya dan bisa jadi sumber cacat janin. Jadi sebaiknya, selama hamil Bunda menghindari dulu makan seafood, seperti kerang, kepiting, dan lainnya.

Ivan juga menambahkan, saat hamil Bunda tidak boleh mengonsumsi obat-obat tanpa resep dokter. Kalaupun Bunda sakit kronis, harus segera hubungi dokter.

"Jadi sebaiknya kalau sakit jangan asal minum obat, konsultasikan dulu dengan dokter, dokter biasanya tahu," tukasnya.

Tonton cara atasi kaki bengkak pada ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi