kehamilan

Viral Inspiratif! Perjuangan Ibu Hadapi Kanker Payudara Saat Hamil 5 Bulan

Radian Nyi Sukmasari Senin, 28 Oct 2019 08:04 WIB
Viral Inspiratif! Perjuangan Ibu Hadapi Kanker Payudara Saat Hamil 5 Bulan
Jakarta - Pasti hati rasanya sedih dan tak keruan saat sedang hamil didiagnosis kanker payudara stadium 3. Namun, wanita bernama Aime Soon ini menghadapinya dengan tegar.

Di salah satu grup Facebook, Soon berbagi cerita ketika dia hamil sang anak empat tahun lalu. Kala itu, usia kehamilan Soon memasuki 5 bulan. Dia merasakan ada yang aneh pada area payudaranya.

"Setelah diperiksa, dokter memvonis saya kanker payudara stadium 3. Saya sempat syok karena bingung apa yang harus saya lakukan," tutur Soon.


Dokter pun menyarankan treatment berupa kemoterapi dan mastektomi (pengangkatan seluruh payudara). Pengalaman tak terlupa Soon adalah dirinya kala itu menjadi ibu hamil botak dengan tubuh yg lebih kurus dibanding ibu hamil lain.

"Seburuk itukah saya? Masih kuatkan saya bertahan? Sebab, saat itu tekanan dari luar benar-benar bikin saya merasa lebih buruk dan lelah," lanjut Soon.

Setelah dua siklus kemoterapi, bayi Soon akhirnya lahir di usia kehamilan 37 minggu. Sembari khawatir dengan kondisi bayi saya, mau tak mau saya harus menjalani kemoterapi lanjutan. Menjalani proses tersebut dengan ikhlas, ternyata semua bisa saya lewati.

"Sekarang, setelah 4 tahun saya dan bayi saya dalam kondisi sehat. Saya seperti kembali lagi ke bumi. Saya sangat bersyukur masih diberi kesempatan hidup dengan baik," kata Soon.

Dia berharap, ceritanya ini bisa memberi energi positif untuk orang lain. Memang, hidup tak selamanya bahagia, tapi, kita juga tak bisa selalu bersedih tiap hari kan?

Aime Soon, kena kanker patydara saat hamil 5 bulanAime Soon, kena kanker patydara saat hamil 5 bulan/ Foto: Facebook/ Aime Soon
"Seberapa pun frustrasinya kita, mari miliki pola pikir yang baik, berusaha menerima takdir dan menghadapi problem dengan damai," lanjut Soon.

Memang, penanganan kanker payudara pada ibu hamil perlu penatalaksanaan khusus, Bun. Demikian disampaikan dr.Bayu Brahma Sp.B(K)Onk dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

"Teorinya, kanker payudara pada kehamilan adalah suatu kondisi yang khusus dibicarakan, enggak mudah penanganannya, dan beda dengan kasus kanker payudara pada wanita yang sedang tidak hamil," ujar Bayu kepada HaiBunda.

Simak cara deteksi dini kanker payudara dengan Sadari di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi