kehamilan

Kebiasaan Suami yang Bisa Rusak Sperma dan Bikin Istri Sulit Hamil

Asri Ediyati Rabu, 27 Nov 2019 19:06 WIB
Kebiasaan Suami yang Bisa Rusak Sperma dan Bikin Istri Sulit Hamil
Jakarta - Sperma turut menentukan peluang istri bisa hamil atau enggak. Makanya, pola hidup pada ayah juga perlu diperhatikan. Sebab, beberapa kebiasaan bisa bikin sperma rusak, Bun.

Kata dr.Anita Gunawan, MS.,Sp.And dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, kebiasaan baik pria bisa membuat sperma berkualitas. Kebiasaan baik tersebut antara lain hidup sehat, rajin olahraga, makan sehat, dan mempertahankan kualitas hidup.

"Hindari apa-apa yang menyebabkan dia enggak sehat. Polutan, stres, polusi, bising, itu bisa menyebabkan sperma enggak bagus. Kafein atau kopi bolehlah diminum 2 - 3 cangkir sehari," kata Anita saat ngobrol dengan HaiBunda.


Rokok juga harus dihindari, Bun. Sebab, nikotin pada rokok adalah racun untuk sperma. Kemudian alkohol, juga mesti dihindari karena bisa merusak liver.

"Padahal, untuk pembentukan sperma yang bagus harus punya liver yang bagus, sehat," ujar Anita.

Lalu gimana dengan kebiasaan seperti duduk terlalu lama atau pakai celana ketat yang bisa bikin suhu di skrotum atau testis naik? Kata Anita memang skrotum diciptakan dengan posisi menggantung supaya sesuai suhu tubuh.

Kebiasaan Suami yang Bisa Rusak Sperma dan Bikin Istri Sulit HamilKebiasaan Suami yang Bisa Rusak Sperma dan Bikin Istri Sulit Hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Untuk itu, Anita menyarankan agar para pria menghindari aktivitas yang bisa meningkatkan suhu panas di area testis. Misalnya, sauna dan duduk terlalu lama saat menyetir.

"Kalau mengantongi HP, di saku bisa rusak sperma itu baru katanya, belum ada bukti ilmiahnya. Soalnya kita enggak tahu kan seberapa kadar paparan radiasinya. Tapi, usahakan seminimal mungkin terpapar radiasi pada orang yang memang bekerja dengan paparan radiasi tinggi," katanya.

Kebiasaan Suami yang Bisa Rusak Sperma dan Bikin Istri Sulit Hamil
Berbicara soal ciri penis yang sehat, di antaranya ereksi lurus, tidak bengkok, dan ereksi cukup keras. Bila berhubungan saat istri di masa subur, peluang hamil pun lebih besar.

Simak juga makanan yang bisa bikin penis sehat di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi