kehamilan

Amankah Melakukan Pijat Kaki Selama Kehamilan?

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 01 Dec 2019 06:57 WIB
Amankah Melakukan Pijat Kaki Selama Kehamilan?
Jakarta - Kaki ibu hamil memang mudah bengkak dan terasa pegal. Paling enak kalau sering-sering dipijat ya, Bun. Tapi sebenarnya aman enggak enggak sih buat kehamilan?

Melansir Insider, masa kehamilan memang membutuhkan kehati-hatian dalam berbagai hal, termasuk saat memutuskan untuk memberikan pijatan di kaki. Sebab, ada daerah-daerah tertentu dekat pergelangan kaki dan pada kaki yang tidak boleh didorong terlalu keras.


Tetapi ini bukan berarti Bunda yang sedang hamil tidak diperbolehkan melakukan pijatan. Sah-sah saja kok, Bun, untuk melakukannya. Asalkan, Bunda memastikan pijatan tersebut dilakukan oleh praktisi terlatih.


"Rangsangan kuat pada titik-titik tertentu di kaki dapat mendorong kontraksi rahim dan pematangan serviks. Jadi, para praktisi pun menghindari titik-titik ini melalui kehamilan untuk menghindari risiko yang menyebabkan persalinan prematur," ujar Eldyka Simpson, seorang terapis, ahli akupunktur dan doula.

Dalam pemijatan sendiri, beberapa titik memang sebaiknya dihindari. Salah satunya yakni area refleksologi yang terhubung langsung ke rahim dan ovarium. Titiknya banyak terletak di bagian dalam, dan luar dari kedua pergelangan kaki, tepatnya di area berongga tepat di bawah tulang pergelangan kaki.

Amankah Melakukan Pijat Kaki Selama Kehamilan?Bunda hati-hati ya melakukan pijat selama hamil/Foto: iStock

Dengan menjalani pemijatan dengan benar, manfaat yang didapat pun lebih efektif. Apalagi, pijatan ini dapat membantu Bunda meningkatkan mood secara positif dan membantu melahirkan bayi yang sehat, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Untuk itu, pastikan Bunda mendapatkan pijatan yang tepat dari para ahlinya. Karena saat pijatan kaki dilakukan, hal ini juga dirasakan oleh janin Bunda. Mereka biasanya cenderung merespons dengan bergerak di dalam rahim dimana ini dapat membantu memperkuat ikatan antara ibu dan anak serta membawa komunikasi non verbal.


Nah, seru banget kan, Bun, karena bukan hanya Bunda yang merasakan rileks tetapi juga adik bayi di dalam rahim. Jadi, enggak ada salahnya meluangkan waktu untuk pijat kaki bukan?

Kalau ibu hamil ingin pijat, saksikan panduan dalam video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi