sign up SIGN UP search


kehamilan

Hindari 2 Bagian Tubuh Saat Ibu hamil Ingin Pijat Kaki Sendiri

Asri Ediyati Rabu, 16 Sep 2020 20:09 WIB
Woman's leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Hindari 2 Bagian Tubuh Saat Ibu hamil Ingin Pijat Kaki Sendiri/ Foto: iStock
Jakarta -

Pijat kehamilan mirip dengan pijat biasa, yang kebanyakan bertujuan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan titik nyeri. Selain itu, pijat saat hamil juga bisa melancarkan sirkulasi darah.

Akan tetapi pijat prenatal atau kehamilan juga disesuaikan dengan kebutuhan wanita hamil dan perubahan tubuh mereka, Bunda. Terapis yang terlatih dalam pijat prenatal menyesuaikan teknik mereka.

Dilansir Baby Center, seorang terapis pijat kehamilan yang sudah terlatih tahu di mana tempat nyeri dan bengkak ibu hamil. Mereka juga akan tahu teknik dan area mana yang harus dihindari.


Nah, bagaimana jika pijat sendiri? Ya, menurut Michelle Ebbin seorang touch therapy expert, meskipun ibu hamil benar-benar aman untuk mendapatkan pijatan relaksasi dari seorang praktisi yang terlatih, tetap ada area di kaki yang harus dihindari.

"Ada area tertentu di kaki yang harus dihindari oleh terapis," kata Ebbin, dikutip dari Insider.

Apabila Bunda memijat kaki sendiri berikut dua area yang perlu dihindari:

1. Bagian dalam dan luar kedua pergelangan kaki

Menurut Ebbin, ada dua area yang harus Bunda hindari selama pijat kaki saat hamil yaitu area refleksologi yang terhubung langsung ke rahim dan ovarium, yang terletak di bagian dalam dan luar kedua pergelangan kaki, tepatnya di area berlubang tepat di bawah tulang pergelangan kaki.

"Menekan di sini adalah saluran langsung ke rahim dan ovarium, jadi tidak boleh ada pijatan dalam di pergelangan kaki selama kehamilan," kata Ebbin.

Lebih detail, Ebbin mengatakan area lain yang harus dihindari terletak di area pergelangan kaki bagian dalam, hanya selebar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam.

Elizabeth Trattner, seorang dokter akupunktur, mengatakan bahwa titik tersebut adalah titik komando perut bagian bawah.

2. Sudut jari kaki, tepi kuku kaki

Jangan menekan di sudut jari kaki di tepi lateral kuku kaki. Hal ini dianggap dapat merangsang tindakan lanjutan dan membawa bayi ke posisi optimal untuk persalinan. Jadi jika Bunda tidak mencoba menginduksi persalinan, hal itu harus dihindari.

Jadi, apabila Bunda ingin pijat kaki sendiri rumah saat hamil, dua area tadi sebaiknya dihindari ya.

Simak juga pijat khusus untuk ibu hamil melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi