sign up SIGN UP search


kehamilan

Keputihan, Salah Satu Tanda Bunda sedang Hamil Muda

Siti Hafadzoh Kamis, 05 Dec 2019 12:04 WIB
Keputihan ketika hamil muda itu hal yang normal enggak ya? Simak penjelasannya berikut ini ya. caption
Jakarta - Keputihan terus muncul dalam jumlah banyak, Bun belakangan ini? Coba deh cek periode menstruasi, apakah sudah terlambat atau belum.

Peningkatan keputihan menjadi salah satu tanda kehamilan lho. Nah, kalau Bunda merasa keputihan lebih banyak dari biasanya bisa langsung cek kehamilan ya.


"Salah satu tanda awal kehamilan adalah peningkatan keputihan, dan ini berlanjut sepanjang kehamilan," kata Dr. Sheryl Ross, dokter kandungan dan pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center, California dikutip dari Healthline.


Keputihan yang normal dikenal sebagai leukorea. Ciri-ciri keputihan ini biasanya akan muncul cairannya tipis, berwarna bening atau putih susu, dan berbau ringan. Perubahan keputihan ini dapat dimulai sejak awal kehamilan atau dua minggu setelah pembuahan.

Ketika hamil muda, Bunda mungkin akan mengalami keputihan berwarna coklat atau merah muda. Mengutip What to Expect, pada awal kehamilan itu bisa menjadi tanda pendarahan implantasi (proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim). Keputihan atau flek seperti itu normal terjadi, terutama setelah berhubungan seks atau pemeriksaan panggul.

Keputihan disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen yang menyebabkan aliran darah ke area panggul meningkat. Maka lebih banyak aliran darah yang merangsang selaput lendir tubuh. Kemudian ini menyebabkan peningkatan keputihan ketika hamil muda dan seterusnya hingga trimester akhir kehamilan.

Jangan salah, Bun, keluarnya cairan dari vagina alias keputihan ternyata punya fungsi penting. Keputihan ketika hamil berarti tubuh sedang mengeluarkan sel-sel mati dari vagina, melindungi jalan lahir dari infeksi, serta menjaga keseimbangan bakteri di dalam vagina.

Keputihan, Salah Satu Tanda Bunda sedang Hamil MudaIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock

Namun, Bunda juga perlu memerhatikan keputihan yang dialami ya. Ada beberapa kondisi keputihan tidak normal. Ini merupakan tanda infeksi atau masalah terkait kehamilan. Berikut ciri-ciri keputihan yang tidak normal.

1. Lendir berwarna kuning, hijau, atau abu-abu.

2. Bau yang kuat dan tidak sedap.

3. Disertai dengan kemerahan, gatal, atau pembengkakan vulva.

Selama keputihan ketika hamil muda masih dalam kategori wajar, Bunda tidak perlu khawatir, Bun. Tapi, kalau mengalami keputihan seperti yang sudah disebutkan tadi, segera berkonsultasi dengan dokter ya.

Keputihan, Salah Satu Tanda Bunda sedang Hamil Muda


Bunda, simak penjelasan kenapa kaki dan tangan bengkak ketika hamil dalam video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda] (sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi