sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan Minggu Ketiga: Telat Haid dan Payudara Mulai Terasa Nyeri dan Bengkak

Nanie Wardhani Kamis, 11 Nov 2021 20:40 WIB
Shot of a woman hugging her husband while holding a pregnancy test at home caption

Jakarta - Saat Bunda memasuki kehamilan 3 minggu, mungkin belum tampak jelas adanya perubahan pada tubuh. Tak perlu khawatir, hal itu karena sebagian besar ciri-ciri awal kehamilan disebabkan hormon kehamilan.

Tingkat hormon tersebut mungkin belum terlalu tinggi pada tubuh Bunda untuk bisa terdeteksi hingga memunculkan ciri-ciri kehamilan. Mungkin, pada masa kehamilan 3 minggu ini pun Bunda belum mengalami telat haid.

Pada kehamilan 3 minggu, ukuran janin di dalam rahim Bunda masih sangat kecil yakni hanya sebesar kepala jarum pentul. Meski begitu, posisi janin sudah menempel sempurna pada rahim.


Janin juga sudah mulai membentuk beberapa organ tubuh, mulai dari pembuluh darah, tulang belakang, kelenjar tiroid, organ jantung, dan otak. Namun, organ-organ itu masih akan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan di minggu-minggu kehamilan berikutnya.

Sebenarnya apa saja sih perubahan atau ciri-ciri yang biasanya muncul pada tubuh Bunda saat menjalani kehamilan 3 minggu? Berikutnya penjelasannya dilansir dari The Bumps:

1. Pendarahan implantasi

Jika calon embrio kecil Bunda telah berhasil sampai ke rumah baru mereka, Bunda akan melihat sedikit bercak akan keluar saat telur yang telah dibuahi masuk ke lapisan rahim. Saat ini Bunda sudah mulai bisa semakin yakin bahwa Bunda sedang hamil muda.

2. Mual

Saat hormon kehamilan hCG mulai masuk ke tubuh Bunda yang baru hamil, Bunda akan merasakan beberapa kali perasaan mual atau bahkan sangat parah sehingga Bunda muntah. Kondisi yang lebih dikenal dengan morning sickness ini bisa terjadi tidak mengenal waktu, bukan hanya di pagi hari bahkan bisa sepanjang hari.

Jika Bunda merasakan gejala kehamilan ini pada kehamilan 3 minggu, mungkin usia kehamilan Bunda lebih dari yang diperkirakan. Atau, Bunda bahkan mungkin hamil 3 minggu dengan anak kembar! Itu karena calon ibu kembar sering memiliki kadar hormon kehamilan yang lebih tinggi dan menyebabkan mual yang lebih parah.

Banner Manfaat Air MawarBanner Manfaat Air Mawar/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Perubahan payudara

Payudara Bunda mulai terasa nyeri dan membengkak, puting Bunda bisa menjadi gelap saat tubuh Bunda mulai bersiap untuk memproduksi ASI. 

4. Terlambat haid

Jika siklus Bunda biasanya lebih pendek dari 28 hari, Bunda mungkin menyadari menjelang akhir minggu ini bahwa Bunda bisa hamil. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan melakukan tes kehamilan.

5. Hasil tes kehamilan positif

Lakukan tes kehamilan di rumah untuk melihat seberapa akurat hasilnya sebelum Bunda benar-benar telat haid. Alat tes kehamilan lebih dari 99 persen akurat setelah Bunda telat menstruasi, dan beberapa merek menjanjikan untuk mendeteksi hormon kehamilan dalam urine Bunda bahkan lebih cepat daripada itu.

Memang terkadang jumlah hormon kehamilan hCG dalam tubuh Bunda mungkin belum cukup banyak untuk dapat terdeteksi langsung oleh tes, tetapi jumlah hormon hCG itu biasanya akan berlipat ganda setiap 48 jam. Jika Bunda mendapatkan hasil negatif, lakukan tes lagi dalam beberapa hari dan kemudian seminggu kemudian dengan tes kehamilan lain dan kemudian tes lagi, untuk memastikan tidak terlalu dini untuk memutuskan.

6. Tes kehamilan darah positif

Dalam beberapa kasus seperti jika Bunda berisiko mengalami keguguran atau kehamilan ektopik, dokter mungkin meminta Bunda datang ke klinik untuk pengambilan darah. Tes darah dapat mendeteksi jumlah hCG yang lebih kecil daripada tes urine, jadi Bunda mungkin mengetahui bahwa Bunda hamil lebih cepat dengan tes darah daripada dengan tes di rumah.

Simak beberapa tips yang bisa Bunda lakukan saat hamil 3 minggu di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 9 tanda hamil dua bulan di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



7 TIPS JALANI KEHAMILAN 3 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!