sign up SIGN UP search


kehamilan

Arti Mimpi Hewan Saat Hamil, Ini Kata Psikolog

Asri Ediyati Selasa, 10 Dec 2019 16:41 WIB
Ibu hamil sering mimpi tentang hewan, apa artinya? Ini penjelasan psikolog. caption
Jakarta - Saat hamil, wanita akan lebih sering mengalami mimpi. Mimpinya bermacam-macam hingga tak jarang ibu hamil selalu ingat dan memikirkan arti mimpi tersebut.

Menurut psikolog Patricia Garfield, Ph.D., seorang wanita akan lebih banyak mengalami mimpi ketimbang saat tidak hamil. Mimpi-mimpi itu juga ternyata berkaitan dengan kondisi kehamilannya.


"Mimpinya akan berkaitan dengan kondisi kehamilannya, trimester, hal yang terjadi pada tubuhnya saat itu," kata Garfield dikutip dari WebMD.


Kali ini HaiBunda akan membahas arti mimpi hewan pada ibu hamil. Apa artinya, apa kaitannya dengan psikologis ibu? Di jurnal yang ditulis Garfield, Pregnancy and Childbirth Dreams, memimpikan hewan adalah umum dialami ibu hamil.

Di antara para calon ibu dalam sebuah studi menemukan bahwa hewan, termasuk ikan dan amfibi, muncul dalam 17 persen dari mimpi mereka.

"20 Peserta dalam penelitian saya menunjukkan jumlah mimpi binatang yang lebih besar. Salah satu peserta, misalnya,
memimpikan hewan dalam enam dari 33 mimpi kehamilannya," tulis Garfield.

Kata Garfield, bagi kebanyakan orang dewasa, hewan-hewan berbahaya dalam mimpi melambangkan emosi 'liar' yang muncul dalam diri mereka atau rasa ancaman di lingkungan mereka. Tetapi bagi wanita hamil, hewan melambangkan ukuran janin.
Ilustrasi ibu hamil tidurIlustrasi ibu hamil tidur/ Foto: iStock
Hewan pun bisa berbeda jenisnya tergantung usia kehamilan. Selama trimester pertama, wanita biasanya mimpi tentang ikan atau makhluk seperti reptil dalam mimpi mereka.

"Seolah-olah mereka bisa melihat secara telepati ke dalam rahim di mana embrio mungil, mengambang dalam cairan, mengalami transformasi," ujar Garfield.

Pada saat yang sama wanita hamil sering membaca buku bergambar dan belajar tentang tahap perkembangan janin, memperkuat kesadarannya tentang perubahan yang terjadi pada anaknya yang belum lahir. Entah hewan itu akuatik atau tidak, biasanya hewan kecil yang muncul dalam mimpi ibu yang tengah hamil muda.


Selama trimester kedua, wanita hamil mimpi lebih banyak hewan seperti anak anjing, anak ayam, dan anak kucing. Itu semua tergantung pada sikapnya terhadap kehamilan, pasangannya, dan situasinya, hewan itu bisa mengancam atau yang lucu.

"Tiga bulan terakhir kehamilan dapat ditandai dengan mimpi binatang yang lebih besar, seperti singa, bersama dengan mimpi janin itu sendiri. Namun, tidak ada aturan yang tepat, hanya kecenderungan saja. Hewan dari berbagai ukuran dapat muncul dalam mimpi sepanjang masa kehamilan," tutur penulis Creative Dreaming dan co-founder Association for the Study of Dreams.

Simak juga tips mencegah kehamilan ektopik:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!