sign up SIGN UP search


kehamilan

Beda Usia Kehamilan Pertama dan Kedua, Begini Perhitungannya

Melly Febrida Selasa, 11 Feb 2020 07:45 WIB
Gagasan usia kehamilan 40 minggu itu bukan aturan baku, Bunda. Ternyata, hanya 4 hingga 5 persen ibu hamil yang melahirkan sesuai hari perkiraan lahir bayi. caption
Jakarta - Banyak yang menganggap bahwa usia kehamilan itu sampai 9 bulan. Tapi kebanyakan orang meyakini bayi lahir di usia kehamilan sekitar 40 minggu. Namun, usia kehamilan pertama dan berikutnya cenderung semakin berkurang.

Sarah Ockwell-Smith, spesialis metode Gentle Parenting mengatakan, gagasan usia kehamilan 40 minggu itu tidak didasarkan pada bukti, dan hanya 4 hingga 5 persen yang lahir sesuai dengan hari perkiraan lahir bayi. Sedangkan mayoritas lahir setelah usia 40 minggu.


"Perhitungan 40 minggu, yang dikenal sebagai 'aturan Naegele' (dinamai setelah ahli kandungan Jerman yang menyusunnya pada awal abad ke-19), menghitung kehamilan manusia selama 280 hari dari hari pertama periode menstruasi terakhir (LMP), dan juga mengasumsikan bahwa semua wanita memiliki siklus menstruasi reguler 28 hari, dengan ovulasi terjadi pada hari ke-14," tulis Ockwell-Smith dalam buku The Gentle Parenting Book.


Ilustrasi beda usia kehamilan pertama dan keduaIlustrasi beda usia kehamilan pertama dan kedua/ Foto: iStock

Menurut aturan Naegele tersebut, kata Ockwell-Smith, waktu rata-rata dari ovulasi hingga kelahiran adalah 266 hari. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa lamanya kehamilan rata-rata adalah 274 hari dari ovulasi untuk ibu dengan kehamilan pertama kali, dan 269 hari dari ovulasi untuk anak-anak berikutnya.

Ockwell-Smith mengatakan ini berarti tanggal perkiraan lahir seharusnya 41 minggu dan satu hari untuk kehamilan pertama kali, serta usia kehamilan 40 minggu dan tiga hari untuk yang kehamilan kedua atau selanjutnya.

Dikatakan Dr.Rita Bakshi, ahli kandungan senior dan IVF di International Fertility Center, biasanya memang usia kehamilan sekitar 40 minggu. Meski bagi masing-masing ibu usianya bisa bervariasi.

Dikatakan Bakshi, usia kehamilan bisa sekitar 32 - 42 minggu. Namun, jika ibu melahirkan sebelum usia kehamilan 37 minggu, bayinya disebut lahir prematur yang membutuhkan perawatan, makanan, dan perhatian ekstra.


Bunda, simak juga cara aman cegah kehamilan saat masa menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi