sign up SIGN UP search


kehamilan

Menghitung Usia Kehamilan 34 Minggu Serta Risiko Melahirkan Lebih Cepat dari HPL

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 06 Jan 2022 20:23 WIB
Pregnant woman and doctor in hospital Ilustrasi Menghitung HPL/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bunda lagi menjalani kehamilan? Jangan lupa untuk menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) ya.

HPL adalah waktu perkiraan melahirkan bayi yang sudah bisa dihitung sejak awal kehamilan. Selain dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), HPL juga bisa ditentukan dari pemeriksaan ultrasonografi (USG) lho.

Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, Bunda perlu memastikan usia kehamilan saat mengandung janin. Melalui pemeriksaan USG di trimester pertama, Bunda bisa memprediksi waktu melahirkan dengan akurat.


"Yang paling akurat dari USG trimester pertama. Kalau USG di usia ini, akurasinya adalah paling tepat dibandingkan pakai HPHT. Selanjutnya nanti USG di trimester kedua dan ketiga untuk melihat panjang janinnya," kata Ilham saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus

Saat memastikan usia kehamilan, dokter akan membuat perkiraan melahirkan dalam rentang waktu 40 minggu. Ilham mengatakan, waktu melahirkan paling ideal yakni ketika usia kehamilan antara 38 sampai 42 minggu.

Nah, perkiraan HPL akan berada pada jarak usia kehamilan tersebut, Bunda. Bila kurang atau lebih dari dua minggu dari rentang waktu itu, risiko bisa muncul dan memengaruhi janin.

"Memang waktu yang tepat untuk persalinan adalah ketika usia kehamilan itu 38 minggu sampai 42 minggu. Kalau di bawah atau di atas itu, bisa meningkatkan risiko kematian pada janin," ujar Ilham.

"Jadi taksiran misalnya, dihitung dari trimester satu melahirkan tanggal 14 Februari, sehingga waktu optimal dia lahir adalah dari awal sampai akhir Februari. Jadi kalau bayi lahir di tanggal ini ya bagus," sambungnya.

Melahirkan kurang dari usia 38 minggu atau tepat di usia 34 minggu, bisa masuk kategori kelahiran prematur. Apa itu saja risikonya? Baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga 30 daftar barang yang wajib dibawa ke rumah sakit saat melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BAYI LAHIR KURAN DARI HPL DAN PERSALINAN PREMATUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!