Sign Up search


kehamilan

3 Ciri Hamil Muda Saat Bunda Masih Menyusui Bayi

Asri Ediyati Senin, 10 Feb 2020 15:21 WIB
3 Ciri Hamil Muda Saat Bunda Masih Menyusui Bayi caption
Jakarta - Saat menyusui, setiap ibu memiliki peluang untuk hamil lagi. Dilansir What to Expect, menyusui tidak selalu bisa menjadi kontrasepsi alami yang aman. Nah, masalahnya adalah bahwa beberapa ciri hamil muda hilang ketika Bunda menyusui, atau Bunda mungkin mengaitkannya dengan masalah saat menyusui bayi.

"Tentu saja, ibu menyusui dapat memiliki semua tanda-tanda kehamilan awal yang biasa ... mual, murung, dan sebagainya, tapi mungkin ada tanda-tanda lain khusus untuk menyusui," ujar dr.Samantha Radford, Ph.D., seorang ahli kimia dengan fokus pada kesehatan masyarakat, kepada Romper.


Apa tanda-tanda spesifiknya? Berikut ciri hamil muda saat Bunda masih menyusui:

1. Produksi ASI sedikit


Salah satu cara paling tepat untuk mengetahui bahwa Bunda hamil adalah Bunda menghasilkan lebih sedikit ASI.

"Anda mungkin mengalami penurunan suplai ASI, bahkan selama awal kehamilan," kata Radford.

Menurut La Leche League, NGO yang mendukung ibu menyusui, penurunan produksi susu disebabkan oleh perubahan hormon. Jika Bunda mengalami ini, mungkin perlu berbicara dengan dokter anak atau konsultan laktasi untuk memastikan bahwa anak akan mendapatkan makanan yang ia butuhkan.

2. Puting terasa sakit saat disentuh

Jika puting susu Bunda tiba-tiba terasa sakit saat disentuh, jangan salahkan si kecil yang menyusu. Ini mungkin sebenarnya kehamilan yang menjadi penyebabnya.

"Jika puting Anda yang sakit, Anda mungkin hamil. Masalahnya adalah bahwa ini juga dapat terjadi dengan PMS, sehingga mudah untuk membingungkan kehamilan dengan periode menstruasi yang mendekat," kata Radford.
3 Tanda Hamil Muda Saat Bunda Masih Menyusuiilustrasi ibu menyusui dengan ciri hamil muda. (Foto: iStock)

3. Rasa ASI berubah

Rasa ASI Bunda akan berubah selama kehamilan. "Kemungkinan lain dari kehamilan adalah jika bayi Anda kurang tertarik menyusui karena fakta bahwa ASI sering berubah dan beberapa bayi tidak menyukai rasanya," kata Andrea Tran, RN, IBCLC, seorang perawat terdaftar dan konsultan laktasi.

Jika bayi Bunda tiba-tiba menggeliat ketika waktunya untuk menyusui, Bunda mungkin perlu segera tahu sedang hamil muda atau tidak.


Simak juga tips cepat hamil dari dr.Reisa Brotoasmoro melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi