Sign Up search


kehamilan

7 Cara Meredakan Panggul yang Sakit dan Linu Saat Hamil

Siti Hafadzoh Senin, 24 Feb 2020 07:00 WIB
7 Cara Meredakan Panggul yang Sakit dan Linu Saat Hamil caption
Jakarta - Ibu hamil mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Salah satu yang sering dirasakan adalah panggul linu saat hamil. Pada beberapa Bunda rasa linu berubah jadi nyeri dan menyakitkan.

Dikutip dari Parents, panggul linu bisa disebabkan oleh hormon, Bun. Selama trimester pertama kehamilan, tingkat progesteron dalam tubuh ibu hamil akan melonjak, membantu melonggarkan dan mengendurkan ligamen, serta jaringan yang akan meregang selama kehamilan.


Nah, untuk meredakan panggul yang linu selama hamil, dikutip dari Romper, berikut 7 tips yang bisa Bunda lakukan.


1. Bergerak

Salah satu cara untuk mengatasi panggul linu ketika hamil adalah dengan bergerak. Bunda bisa melakukan gerakan sederhana seperti berbaring atau berjalan-jalan di depan rumah. Ibu hamil juga perlu mendapatkan vitamin D alami dari matahari.

"Pastikan Anda banyak istirahat, tetapi Anda juga perlu menggerakkan tubuh," kata dokter spesialis kehamilan dan anak, Dr Brenda Fairchild.

2. Banyak minum

Menurut Fairchild, jumlah air yang Bunda konsumsi akan berpengaruh pada linu panggul pada kehamilan. Ibu hamil perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi karena panggul linu bisa disebabkan oleh kurang cairan.

3. Yoga

Yoga memiliki banyak manfaat selama kehamilan. Yoga dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan mengurangi risiko persalinan prematur.

Olahraga ini juga dapat meringankan panggul linu. Fairchild merekomendasikan yoga hamil untuk Bunda yang mengalami panggul linu.

"Saya selalu merekomendasikan yoga prenatal untuk peregangan dan perhatian," kata Fairchild.

7 Cara Meredakan Panggul yang Sakit dan Linu Saat HamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
4. Pijat

Pijat hamil sangat berguna untuk meredakan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, dan membantu relaksasi. Pijat juga dapat meringankan panggul linu selama hamil.

5. Es

Dokter masih memperdebatkan apakah es lebih baik daripada air hangat, untuk meredakan rasa sakit. Fairchild merekomendasikan ibu hamil menggunakan es untuk meredakan panggul linu.

6. Air panas

Selain es, air panas juga bisa meredakan linu pada panggul ketika hamil. Bunda bisa menggunakan air panas untuk mandi atau mengompres panggul.


7. Peregangan

Bunda bisa melakukan peregangan ringan untuk mengatasi panggul linu. Coba untuk duduk, luruskan kaki, lalu sentuh jari. Peregangan ringan dapat memperbaiki linu panggul selama hamil.

Semoga tipsnya membantu ya, Bun.

Bunda juga bisa ikuti gerakan yoga untuk ibu hamil berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi