Sign Up search


kehamilan

6 Ciri-ciri Hamil di Awal Mengandung yang Sering Tak Disadari

Annisa Afani Senin, 09 Mar 2020 07:00 WIB
6 Ciri-ciri Hamil di Awal Mengandung yang Sering Tak Disadari Ilustasi awal kehamilan/Foto: iStock
Jakarta -
Kehamilan adalah suatu berita besar yang selalu ditunggu ya Bun. Namun meskipun menjadi berita yang ditunggu-tunggu, gejala atau ciri-ciri hamil pada awal-awal sering kali tidak terlalu terlihat atau kadang terlewatkan, baik secara fisik maupun psikologi.

Meski begitu, ada beberapa gejala di awal kehamilan yang bisa Bunda rasakan. Di antaranya dengan merasakan dan mengalami beberapa cir-ciri hamili berikut:

1. Payudara yang lunak dan membengkak

Gejala ini tidak selalu muncul sebagai ciri hamil di minggu pertama. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon pada tubuh. Selain terasa lunak yang membengkak, penuh, juga terkadang terasa sakit.


2. Pendarahan


Akan ada sedikit bercak atau flek dari vagina yang menjadi salah satu gejala awal kehamilan. Pendarahan ini dikenal sebagai implantasi. Implantasi dapat terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim di 10-14 hari setelah pembuahan. Pendarahan ini terjadi lebih awal dan warnanya pun terlihat lebih cerah. Ini tidak akan berlangsung lama, namun beberapa wanita yang mengalami pendarahan juga merasakan kram perut yang mirip seperti saat menstruasi.

3. Sakit kepala hingga sembelit

Pada awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh perubahan hormon dapat memicu seringnya sakit kepala. Selain itu, progesteron yang juga meningkat mengakibatkan makan yang dicerna dalam usus melambat sehingga menyebabkan sembelit pada pencernaan.

4. Pusing dan pingsan

Pada awal kehamilan, pembuluh darah akan melebar dan tekanan darah menjadi turun. Jika hal ini terjadi, tentu akan merasakan pusing ya Bun. Bunda juga perlu untuk selalu menjaga gula darah untuk tetap normal, karena jika sampai turun, itu akan memicu terjadinya pingsan.



5. Peningkatan suhu tubuh

Masih dikarenakan oleh peningkatan hormon saat hamil, ini juga akan berdampak pada suhu tubuh Bun. Peningkatan suhu tubuh saat kehamilan bisa terjadi kapan saja, namun ini lebih sering terjadi setelah terjadinya pembuahan.

6. Moody

Perubahan emosi yang terjadi pada ibu hamil kerap terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat disadari. Menurut dr Karno Suprapto SpOG dari Mayapada Hospital, "Kehamilan juga pengaruhi emosi. Ibu hamil bisa tiba-tiba moody. Itu tanda kehamilan yang tidak disadari."

Bunda bisa nonton cara cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi