Sign Up search


kehamilan

Alami 12 Tanda Ini, Mungkin Bunda Sedang Hamil Muda

Jujuk Ernawati Sabtu, 14 Mar 2020 19:02 WIB
Alami 12 Tanda Ini, Mungkin Bunda Sedang Hamil Muda caption
Jakarta - Kehamilan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah maupun sudah lama. Namun kadang Bunda tak menyadari tanda-tanda awal kehamilan.

Itu karena tanda-tanda kehamilan yang muncul terkadang membingungkan, terutama bagi mereka yang baru menikah, ya Bun. Salah satu tanda kehamilan yang paling umum adalah telah datang bulan alias menstruasi. 




Selain itu, ada tanda-tanda lainnya yang bisa menjadi indikasi bahwa Bunda sedang hamil muda. Nah, berikut ini 12 tanda-tanda awal kehamilan, seperti dikutip dari Mayo Clinic:

1. Terlambat menstruasi

Jika Anda mengalami telat menstruasi selama seminggu atau lebih dari siklus menstruasi biasanya, mungkin Anda hamil. Namun tanda ini bisa menyesatkan jika siklus Anda tidak teratur.

2. Payudara bengkak

Pada awal kehamilan akan terjadi perubahan hormon yang bisa membuat payudara menjadi sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan ini mungkin akan berkurang setelah beberapa minggu setelah tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

3. Mual tanpa muntah

Morning sickness bisa menyerang setiap saat, bahkan pada malam hari. Seringnya rasa mual ini dimulai satu bulan setelah Anda hamil. Namun beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan beberapa lagi tak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, namun hormon mungkin menjadi penyebabnya.

4. Keinginan buang air kecil meningkat

Anda mungkin mengalami keinginan buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal bekerja ekstra untuk memproses cairan berlebih yang berakhir di kandung kemih Anda, sehingga menyebabkan selalu ingin buang air kecil.

5. Kelelahan

Kelelahan juga menjadi tanda awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat, sehingga memungkinkan Anda menjadi mengantuk.

Alami 12 Tanda Ini, Mungkin Bunda Sedang Hamil MudaIlustrasi mual/Foto: iStock


Selain itu, tanda-tanda kehamilan yang Anda alami selama trimester pertama, yakni:

6. Jadi lebih emosional

Meningkatkan jumlah hormon dalam tubuh di awal kehamilan bisa membuat Anda menjadi sangat emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati ini umum dialami ibu saat hamil muda.

7. Kembung

Perubahan hormon selama kehamilan awal bisa menyebabkan Anda merasa kembung, sama seperti yang Anda alami saat pertama mengalami periode menstruasi.

8. Bercak darah

Kadang-kadang tanda pertama kehamilan adalah munculnya sejumlah bercak darah yang keluar dari vagina. Ini dikenal sebagai pendarahan implantasi, yang terjadi ketika sel telur sudah dibuahi pada dinding rahim atau sekitar 10-14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu periode menstruasi, namun tidak semua mengalaminya.

9. Kram

Beberapa wanita mengalami kram ringan di perutnya pada awal kehamilan.



10. Sembelit

Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat, sehingga bisa menyebabkan sembelit.

11. Malas makan

Ketika Anda hamil, Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan kemungkinan terjadi perubahan pada indera perasa. Dan seperti kebanyakan tanda kehamilan lainnya, kurangnya nafsu makan ini juga bisa dikaitkan dengan perubahan hormonal.

12. Hidung tersumbat

Peningkatan kadar hormonal dan produksi darah bisa menyebabkan selaput lendir di hidung membengkak, kering, dan mudah berdarah. Ini mungkin bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat atau meler.

Bunda sayangnya beberapa tanda justru bisa menunjukkan bahwa Anda sedang sakit. Bahkan Anda bisa tidak mengalami tanda-tanda tersebut. Namun jika menstruasi Anda telat dan mengalami tanda-tanda di atas, lakukan tes kehamilan di rumah atau pergi ke dokter untuk memastikannya, ya Bun. Semakin cepat kehamilan Anda diketahui, maka semakin cepat Anda mendapatkan perawatan kehamilan yang baik untuk Bunda dan calon bayi di dalam kandungan.

Bunda bisa simak ciri hamil dilihat dari perubahan kulit di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi