Sign Up search


kehamilan

Tanda Hamil di Trimester Pertama Tak Dirasakan, Ini Penyebabnya

Yuni Ayu Amida Rabu, 11 Mar 2020 19:49 WIB
Tanda Hamil di Trimester Pertama Tak Dirasakan, Ini Penyebabnya caption
Jakarta - Sebagian besar wanita biasanya tidak merasakan tanda hamil di fase awal kehamilan. Tak jarang wanita baru tahu dirinya hamil setelah perutnya membesar, kira-kira apa sebabnya ya?

Dijelaskan Michael Cackovic, MD, obgyn di Wexner Medical Center The Ohio State University, Amerika Serikat, wanita yang tidak melakukan hubungan seks rutin, tidak menstruasi rutin, dan tidak secara teratur mengunjungi dokter, akan memungkinkan tidak menyadari dirinya sedang hamil.


Ada pula karena wanita tersebut memiliki masalah kesehatan mental, yang membuat mereka tidak mengenali atau menerima bahwa mereka akan punya bayi. Cackovic kemudian menjabarkan beberapa faktor, yang bisa jadi penyebab tanda hamil kerap tak dirasakan, yakni:


1. Ketakutan atau stres

Tanda Hamil di Trimester Pertama Tak Dirasakan, Ini PenyebabnyaTanda Hamil di Trimester Pertama Tak Dirasakan, Ini Penyebabnya/ Foto: Ari Saputra


Pikiran untuk menjadi seorang ibu sangat menegangkan bagi beberapa wanita, sehingga mereka melakukan penolakan yang mendalam. Karena terlalu dalam, mereka tidak tahu bahwa mereka sedang hamil.

"Penyangkalan adalah mekanisme pertahanan yang sangat kuat, memungkinkan untuk berbicara sendiri dari setiap gejala yang Anda miliki. Pergerakan di perut Anda dianggap 'hanya gas' misalnya," kata Cackovic, dilansir Web MD.

Selain itu, beberapa wanita mungkin mengalami kehamilan yang ditolak karena masalah kesehatan mental, seperti gangguan bipolar atau skizofrenia.

2. Tidak ada gejala

Bagi sebagian wanita, perubahan fisik kehamilan seperti penambahan berat badan, mual di pagi hari, mulas, atau kelelahan, tidak terjadi. Atau gejala tersebut sangat kecil, sehingga seorang wanita tidak memperhatikannya. Semua bergantung pada tipe tubuhnya.

"Masuk akal bagi seorang wanita mencapai 30 minggu tanpa terlihat hamil," kata Cackovic.

3. Perubahan berat badan

Jika seorang wanita kelebihan berat badan atau ukuran tubuhnya sering naik turun, dia mungkin tidak memperhatikan adanya penambahan berat karena bayi. Jika dia gemuk, kata Cackovic, dia mungkin tidak memiliki perasaan fisik hamil seperti yang dirasakan wanita non-obesitas.

4. Masalah menstruasi

Seorang wanita dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur karena stres, beberapa obat seperti pil KB atau obat untuk epilepsi, obesitas, atau masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), diabetes yang tidak terkontrol, atau gangguan makan. Jadi, ketika haid tidak muncul, pikiran pertamanya mungkin bukan kehamilan.

Sementara itu, dikutip dari Mayo Clinic, memang kadang sulit untuk mengetahui gejala kehamilan di awal trimester. Namun, jika Bunda setidaknya merasa sedikit gejala seperti kenaikan berat badan, disertai haid tidak muncul, bisa langsung melakukan pengecekan ke dokter.

Atau akan lebih pastinya, Bunda mengalami tanda-tanda seperti payudara yang lunak dan bengkak, kencing lebih sering, merasa sangat lelah, mual terkadang dengan muntah, serta tidak tahan dengan makanan atau aroma tertentu.


Simak juga penjelasan ibu hamil makan nanas dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi