Sign Up search


kehamilan

Tanda Hamil 6 Minggu ini Tak Selalu Dialami, Apa Sebabnya?

Yuni Ayu Amida Kamis, 12 Mar 2020 15:58 WIB
Tanda Hamil 6 Minggu ini Tak Selalu Dialami, Apa Sebabnya? Ilustrasi ciri hamil/Foto: iStock
Jakarta - Setiap wanita yang mengalami kehamilan, biasanya akan merasakan tanda-tanda hamil, Bunda. Hanya saja, gejala hamil ternyata bisa mengalami perubahan bahkan tidak dirasakan lho.

Menurut profesional doula dan konselor laktasi, Robin Elise Weiss, Ph.D, MPH, gejala kehamilan dapat bervariasi pada setiap wanita. Beberapa wanita, misalnya, tidak akan pernah mengalami mual di pagi hari, yang lain akan merasa mual dan sakit selama beberapa bulan terakhir.


Hal yang sama berlaku untuk gejala umum lainnya, terutama saat hamil 6 minggu atau selama trimester pertama. Ini termasuk nyeri payudara, sering buang air kecil, kram, muncul jerawat, mengidam makanan, kembung, pusing, perubahan suasana hati, sakit punggung, dan sembelit. Frekuensi dan intensitas gejala-gejala ini bisa sangat bervariasi, dan ibu hamil bisa saja tidak merasakan semuanya sepanjang waktu.


Ilustrasi hamilIlustrasi hamil/ Foto: iStock

"Akan ada hari-hari ketika Anda mungkin mengalami kram dan sering buang air kecil, atau tiba-tiba mengidam makanan tertentu. Bahkan akan ada hari-hari di mana Anda akan sepenuhnya bebas dari gejala. Ini semua sangat alami dan biasanya tidak terlalu dikhawatirkan," jelasnya Weiss, dilansir Very Well Family.

Lebih lanjut, Weiss mengatakan dalam beberapa kasus, gejalanya mungkin tidak begitu banyak menghilang, tetapi menjadi kurang terlihat ketika kita mulai bisa mengatasi perubahan yang sering terjadi pada tubuh. Seiring waktu, ibu hamil mungkin mulai lebih memahami perubahan suasana hati atau telah menemukan cara untuk mengatasi konstipasi atau mual.


Nah, pada trimester kedua, banyak gejala yang awalnya mengganggu mulai menghilang. Tapi, yang lain akan terus berlanjut hingga saat persalinan tiba. Tak satu pun dari gejala ini dianggap sebagai tanda kehamilan 'tidak' normal'.

Tapi, ada kalanya perubahan gejala kehamilan memerlukan perhatian khusus, Bunda. Yang paling utama adalah gerakan janin. Walaupun tentunya gerakan janin ini akan mulai dirasakan di minggu ke-16 hingga 25. Penurunan gerakan janin, atau penghentian total gerakan, mungkin merupakan tanda situasi darurat.

Sementara gejala lain dapat menurun atau mereda seiring kehamilan, tapi gerakan bayi seharusnya tidak. Hal yang sama berlaku jika kita tiba-tiba tidak memiliki gejala sama sekali.

Dalam ulasan di Mayo Clinic juga menyebutkan, tidak semua wanita memiliki gejala kehamilan yang sama. Meski demikian, setiap wanita tetap bisa melalui kehamilan normal, bahkan tanpa mengalami banyak gejala kehamilan.

Sudah jelas, Bun? Bila belum, simak ciri-ciri hamil dalam pemaparan video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi