sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tips Ibu Hamil Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Yuni Ayu Amida Rabu, 29 Apr 2020 07:00 WIB
Cute and lovely pregnant Muslim woman and her Muslim friend, spending the time together on a city street. caption
Jakarta - Bunda sedang hamil dan memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa? Sebaiknya simak beberapa tips berikut untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa Ramadhan.

Bicara soal puasa di bulan Ramadhan bagi wanita hamil, dikatakan Imam Madani Abdur Rahman, dari London, Islam memberi pilihan pada ibu hamil. Mereka diperbolehkan tidak berpuasa jika itu membahayakan bayinya. Namun, harus mengganti puasa tersebut di lain waktu ketika sudah sanggup.


"Kita harus menilai situasinya, jika dokter mengatakan puasa dapat menyebabkan masalah bagi ibu atau bayinya, maka ibu hamil tidak boleh puasa. Kesehatan harus selalu didahulukan," kata Imam Madani, dilansir BBC.


7 Tips Ibu Hamil Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa7 Tips Ibu Hamil Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa Foto: iStock

Namun, jika Bunda tetap ingin berpuasa, Bunda harus memastikan untuk terhindar dari dehidrasi. Nah, berikut ini tips ibu hamil mencegah dehidrasi saat berpuasa, dikutip dari Nutrition.

1. Berbuka puasa dengan minuman manis, untuk menggantikan gula dan cairan yang hilang. Serta camilan asin untuk menggantikan garam yang hilang.

2. Minum banyak cairan saat sahur dan berbuka puasa. Ingatlah bahwa selama kehamilan, jumlah cairan yang ibu hamil butuhkan dapat bertambah satu atau dua gelas ekstra sehari.

3. Makan makanan yang memiliki kadar air tinggi seperti buah-buahan, sayuran, sup, saat sahur dan berbuka puasa.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asin, terutama ketika sahur karena ini bisa membuat Bunda merasa lebih haus.

5. Pastikan mengonsumsi suplemen, seperti asam folat dan vitamin D, dan mengonsumsi makanan seimbang yang sehat selama bulan Ramadhan. Sehingga, ibu hamil mendapatkan semua nutrisi yang ibu dan bayi butuhkan.

6. Makan makanan yang melepaskan energi secara perlahan, yakni makanan dengan indeks glikemik rendah seperti pasta gandum, roti gandum, gandum dan sereal, kacang-kacangan tanpa garam, terutama saat sahur.

7. Berdiam diri di tempat yang teduh, jangan melakukan aktivitas yang menyebabkan mudah lelah, dan sebisa mungkin jangan memaksakan diri jika memang tidak sanggup berpuasa.


Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi