sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Tanda Bayi Cukup ASI Saat Ibu Menyusui Berpuasa

Yuni Ayu Amida Selasa, 28 Apr 2020 13:33 WIB
menyusui caption
Jakarta - Bunda sedang menyusui dan memutuskan untuk tetap berpuasa selama bulan Ramadhan? Sebaiknya, perhatikan juga ya tanda-tanda kecukupan ASI bayi.

Dikatakan konselor ASI, dr.Ameetha Drupadi, CIMI, jika menyusui dan tetap berpuasa, Bunda harus memperhatikan tanda-tanda kecukupan ASI untuk bayi. Salah satu tanda bayi cukup ASI adalah tidak rewel di siang hari.


"Kemudian, buang air kecilnya lebih dari enam kali setiap hari, dan pastinya ada kenaikan berat badan bayi," kata Ameetha, dikutip dari YouTube Channel Ameetha Drupadi, Senin (27/4/2020).


Ameetha menambahkan, selama berpuasa sambil menyusui boleh mengonsumsi multivitamin agar tetap fit menjalankan ibadah puasa. Di antaranya seperti vitamin saat hamil, sari kurma, madu, susu kurma, dan lain sebagainya.

Senada dengan hal tersebut, melansir dari Baby Centre, berpuasa pada ibu menyusui tidak akan membahayakan bayi. Karena tubuh ibu menyusui akan terus memproduksi ASI seperti biasa.

Walaupun berpuasa bisa mengurangi asupan kalori ibu menyusui, tapi tidak membuat perbedaan jumlah ASI yang diproduksi. Karena setelah tubuh membakar energi dari makanan terakhir ibu, tubuh akan menyesuaikan dan menggunakan energi dari sumber lain. Tubuh akan membakar kalori dari simpanan gula darah terlebih dahulu, lalu mengubah simpanan lemak menjadi gula darah. Ini akan membuat Bunda tetap kuat sampai berbuka.

Ini Tanda Bayi Cukup ASI Saat Ibu Menyusui BerpuasaIni Tanda Bayi Cukup ASI Saat Ibu Menyusui Berpuasa/ Foto: iStock


Namun, puasa terkadang dapat membuat perubahan kecil pada kandungan ASI. Kadar beberapa vitamin dan zat gizi mikro dalam ASI bisa berubah. Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar seng, magnesium, dan kalium menurun jika ibu menyusui berpuasa saat Ramadhan.

Meski demikian, kondisi ini bergantung pada simpanan nutrisi dan energi dalam tubuh ibu. Namun biasanya, cadangan tubuh ini habis sebelum ASI terpengaruh, jadi bayi akan tetap terus berkembang bahkan jika tingkat gizi mikro menurun selama beberapa jam saat ibu menyusui berpuasa.

Di samping itu, bayi akan terbiasa dengan ASI yang sedikit berubah. Dia tidak akan terpengaruh, Bunda. Bayi akan terus tumbuh dengan baik selama kita memberinya ASI kapan saja dia mau.


Simak juga tips memperbanyak ASI dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi