sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Mencegah Munculnya Stretch Mark Sesuai Trimester Kehamilan

Kinan Selasa, 19 May 2020 08:23 WIB
Pregnant woman applying moisturizer cream on her belly. Tips Mencegah Munculnya Stretch Mark Sesuai Trimester Kehamilan/ Foto: iStock
Jakarta -

Stretch mark menjadi salah satu kondisi kehamilan yang umum terjadi. Biasanya kondisi ini mulai muncul pada bulan keenam kehamilan.

Garis-garis berwarna putih atau merah muda akan muncul di beberapa area tubuh, termasuk di sekitar perut, payudara, dan pinggul. Ini terjadi ketika kolagen dan elastin meregang selama kehamilan karena kenaikan berat badan yang cepat.


"Risiko memiliki stretch mark bergantung pada kenaikan berat badan selama hamil dan juga faktor genetika," ujar dokter kulit Dendy Engelman, MD, seperti dikutip Parents.

Stretch mark termasuk sulit untuk dihilangkan secara sempurna jika sudah muncul. Nah, berikut tips yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah datangnya stretch mark selama kehamilan:

Trimester pertama

Setelah tes kehamilan sudah positif, mulailah melembapkan area di mana tanda peregangan paling mungkin terjadi. Misalnya seperti perut, punggung bagian bawah, payudara, dan pinggul.

"Pelembap membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga mengurangi kemungkinan meregang berlebihan saat berat badan mulai naik," imbuh dokter kulit Debra Jaliman, MD.

Di pagi hari, olesi krim yang dapat memberikan hidrasi dan mengandung minyak kelapa, shea butter, dan vitamin E.

Trimester kedua

Apabila pada periode ini masih muncul sedikit garis-garis di kulit, tetap tenang dan bersantailah. Jika perlu, gunakan krim khusus stretch mark yang dalam studi klinis terbukti meminimalkan munculnya jaringan parut.

Perlu diingat bahwa Bunda harus rajin menerapkannya setiap hari, ya. Semua butuh proses dan tidak bisa instan.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil. (Foto: iStock)


Trimester ketiga

Selain masih menggunakan krim khusus stretch mark, Bunda juga bisa menggunakan firming gel yang berbahan aman digunakan saat hamil dan menyusui. Biasanya produk ini mengandung bahan turunan alami yang disebut centella asiatica, yang dapat mengencangkan kulit.

Setelah persalinan, umumnya stretch mark akan mulai memudar dan mungkin hampir tidak terlihat seiring waktu. Tetapi jika tampilannya masih cukup mengganggu, diskusikan pada dokter kulit tentang pemberian resep krim yang paling tepat.



Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi