sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark, Bunda Bisa Coba

Nanie Wardhani Senin, 04 Oct 2021 15:30 WIB
Pregnant woman applying moisturizer cream on her belly. caption

Usai melahirkan, selain sibuk mengurus bayi, Bunda biasanya juga akan disibukkan dengan mencari cara menghilangkan stretch mark pada tubuh Bunda. Stretch mark adalah garis atau garis berwarna yang muncul di kulit karena penambahan atau pertumbuhan berat badan.

Stretch mark yang lebih baru dan berwarna merah (striae rubra) lebih mudah diobati. Berwarna merah karena pembuluh darah yang ada di bawah kulit, Bunda. Adanya pembuluh darah yang berfungsi memungkinkan stretch mark merah menjadi lebih responsif terhadap pengobatan.

Stretch mark putih (striae alba) berusia lebih tua dan lebih sulit diobati. Seiring waktu, pembuluh darah Bunda akan menyempit, sehingga sulit merangsang produksi kolagen. Hasil pengobatan mungkin tidak akan sedrastis dibandingkan dengan stretch mark merah. Meski demikian ada beberapa cara yang tersedia untuk membantu memudarkannya dengan lebih alami dan cepat, seperti dilansir dari Healthline berikut ini.


1. Eksfoliasi

Cara sederhana mengobati stretch mark putih adalah dengan pengelupasan kulit secara teratur. Cara ini menghilangkan kelebihan kulit mati dari tubuh dan kulit baru dari stretch mark Bunda.

Menggabungkan pengelupasan bersama metode perawatan lain juga dapat meningkatkan hasilnya, Bunda. Menghilangkan kulit mati dari stretch mark memungkinkan perawatan kulit lainnya untuk menembus lebih dalam dan bekerja lebih cepat.

2. Perawatan topikal

Krim dan salep topikal adalah metode yang lebih terjangkau untuk mengurangi munculnya stretch mark putih. Beberapa krim tersedia tanpa resep, sementara yang lain diresepkan oleh dokter.

Jika diterapkan secara teratur, krim topikal dapat meringankan nada stretch mark tetapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya. Sebelum menggunakan perawatan topikal apa pun, diskusikan risikonya dengan dokter Bunda. Beberapa krim dapat memicu reaksi alergi atau mungkin tidak cukup kuat untuk mengobati kondisi Bunda.

3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur tanpa rasa sakit untuk mengurangi munculnya stretch mark putih. Prosedur ini menargetkan lapisan atas kulit (epidermis), dan bekerja dengan merangsang kulit untuk mengencangkan serat kolagen dan elastin.

Setelah prosedur dilakukan, kulit Bunda mungkin akan terasa kencang dan kering. Mungkin ada beberapa kemerahan dari pengelupasan kulit. Biasanya dibutuhkan waktu 24 jam untuk menyembuhkan kulit Bunda.

Meski efektif, prosedur ini tidak dijamin dapat menghilangkan stretch mark sepenuhnya. Tingkat keparahan stretch mark yang sudah ada akan memengaruhi hasilnya.

4. Microneedling

Microneedling menargetkan dermis, lapisan tengah kulit Bunda di mana stretch mark terbentuk. Dalam prosedur ini, jarum kecil ditusukkan ke kulit untuk memicu produksi kolagen. Peningkatan kolagen dan elastin mendorong regenerasi kulit yang dapat memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi stretch mark.

Untuk mengobati stretch mark secara efektif, Bunda harus berpartisipasi dalam lebih dari satu perawatan selama berbulan-bulan. Microneedling telah terbukti sebagai pengobatan yang efektif untuk mengurangi stretch mark, khususnya untuk pasien dengan kulit lebih gelap.

5. Terapi laser

Terapi laser adalah pilihan pengobatan umum untuk menghilangkan stretch mark putih. Dalam prosedurnya, laser menembus kulit, memicu regenerasi. Ini merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk sembuh lebih cepat.

Terapi laser merangsang produksi melanin pada area yang terkena, mengaktifkan sel-sel pigmen di kulit. Ini menyebabkan stretch mark menyatu dengan warna kulit normal lainnya. Meskipun efektif, terapi laser membutuhkan lebih dari satu sesi untuk melihat hasilnya.

Ada sejumlah terapi laser berbeda yang digunakan untuk mengobati stretch mark dan masalah kulit lainnya. Diskusikan pilihan Bunda dengan dokter kulit Bunda terlebih dahulu ya.

6. Bedah kosmetik

Jika perawatan lain tidak berhasil, operasi kosmetik adalah pilihan yang bisa Bunda ambil. Pilihan yang mahal namun efektif ini dapat menghilangkan stretch mark putih secara permanen dari tubuh Bunda, lho. Namun, penting untuk dipahami bahwa operasi dapat meninggalkan bekas lukanya sendiri.

Pengencangan perut, secara medis dikenal sebagai abdominoplasty, adalah prosedur kosmetik yang tidak hanya menghilangkan stretch mark, tetapi juga menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari perut Bunda. Prosedur ini membuat kulit dan perut terlihat lebih rata dan kencang. Namun, prosedur pembedahan memiliki sejumlah risiko kesehatan. Sebelum melakukan perawatan ini, diskusikan pilihan Bunda dengan dokter Bunda dahulu ya.

Demikian beberapa pilihan cara menghilangkan stretch mark yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Bunda lakukan demi mengembalikan kecantikan kulit usai hamil dan melahirkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!