kehamilan

Ibu Hamil 6 Bulan, Ini Perubahan Fisik & Emosi yang Dialami

Annisa Karnesyia Kamis, 10 Oct 2019 09:44 WIB
Ibu Hamil 6 Bulan, Ini Perubahan Fisik & Emosi yang Dialami
Jakarta - Kehamilan tidak lepas dari terjadinya perubahan yang dirasakan seorang wanita. Seperti di saat Bunda hamil 6 bulan, ada perubahan fisik dan emosi yang terjadi dan saling berkaitan, Bun.

"Ada bukti yang terus berkembang bahwa pikiran wanita tentang perubahan tubuh selama hamil memiliki dampak positif dan negatif pada kebahagiaan ibu dan bayi," kata Dr.Catherine Preston, pakar body image dari University of York's Department of Psychology, dikutip dari Science Daily.

Dalam sebuah penelitian, dilaporkan bahwa wanita yang merasa lebih positif dengan perubahan tubuh selama hamil akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Perasaan cemas dan depresi jauh lebih rendah dan lebih mudah mengenali perubahan yang terjadi pada tubuhnya.


Menurut Preston, penting untuk ibu memperhatikan kesehatan fisik dan emosional saat hamil 6 bulan. Peran tenaga medis seperti bidan bisa membantu untuk memberikan informasi ini pada si calon ibu.

Bicara tentang perubahan emosi yang saling berkaitan dengan fisik, berikut perubahan-perubahan yang Bunda mungkin rasakan saat hamil 6 bulan. Demikian seperti melansir dari Mom Juction.

Ibu hamilIbu hamil/ Foto: shutterstock

Perubahan Fisik

1. Strech mark

Rahim yang membesar menyebabkan jaringan kulit tertarik melebar.

2. Line nigra

Bentuk garis dari pusar ke pubis yang berwarna gelap.

3. Perubahan pigmentasi kulit

Hormon kehamilan yang meningkat bisa menyebabkan pigmentasi kulit. Kondisi ini dikenal sebagai melasma. Tampak bintik-bintik gelap di daerah dekat pipi, leher, dan dahi.

4. Kolostrum

Payudara mulai menghasilkan cairan kuning yang disebut kolostrum. Cairan ini adalah air susu ibu (ASI) pertama yang akan diberikan pada bayi setelah melahirkan.

5. Berat badan

Di usia kehamilan 6 bulan, berat badan Bunda akan naik sekitar 1,3 sampai 1,8 kilogram.

6. Bengkak

Bunda mungkin akan mulai mengalami bengkak di bulan keenam. Mengangkat kaki bisa membantu mengurangi pembengkakan di kaki. Belilah sepatu yang ukurannya lebar dan nyaman. Lebih baik, saat hamil 6 bulan Bunda tidak menggunakan sepatu hak tinggi.

7. Pertumbuhan rambut

Rambut terlihat lebih berkilau, lebat, dan tebal. Ini terjadi karena naik dan turunnya hormon selama hamil.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock


Perubahan Emosi

1. Perubahan fungsi otak

Ibu hamil mulai sulit berkonsentrasi atau mudah lupa. Terkadang ini dikaitkan dengan perubahan hormon selama hamil.

2. Perubahan suasana hati

Di usia kehamilan 6 bulan, ibu hamil sering mengalami perubahan suasana hati (mood swings) dan rasa cemas. Ini juga terjadi karena perubahan hormon, Bun.

Bunda, simak juga tips hamil anak perempuan atau laki-laki di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi