Sign Up search


kehamilan

Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil, Mulai dari Strecth Mark hingga Skin Tag

Annisa Afani Minggu, 15 Mar 2020 08:32 WIB
Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil, Mulai dari Strecth Mark hingga Skin Tag Ilustrasi masalah kulit/Foto: iStock
Jakarta - Bun, ada banyak kemungkinan dan hal-hal baru akan dialami oleh ibu hamil. Tidak terkecuali dengan perubahan kulit yang semakin membaik, atau bahkan sebaliknya.

Salah satu perubahan kulit paling terlihat yang dialami oleh ibu hamil ialah munculnya stretch mark, flek, kulit kusam, dan skin tag atau yang lebih dikenal dengan bintil. Masalah kulit tersebut tentunya sangat mengganggu untuk kecantikan, ya Bun.


Menurut dokter kulit dan kelamin, Regina, Sp. KK, sebagian besar masalah yang muncul pada kulit ibu hamil ialah karena hormon.


"Karena hormon kehamilan, elastisitas kulit mengurang. Padahal hamil itu kan bikin kulit jadi melebar, itu contoh kenapa adanya stretch mark" katanya.

Untuk mengatasi stretch mark, sebetulnya tidak ada tindakan yang bisa dilakukan. Strecth mark akan terus ada dan tidak dapat hilang, melainkan hanya dapat dipudarkan.

Strecth mark juga dapat dikurangi risikonya dengan pemakaian pelembab. Selain itu, dengan menjaga berat badan.
Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil, Mulai dari Strecth Mark hingga Skin Tag.

Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil, Mulai dari Strecth Mark hingga Skin Tagilustrasi stretch mark/Foto: Thinkstock


"Kenaikan berat bedan harus diatur agar tidak berubah secara drastis, ini yang menjadi penyebab strecth mark muncul tiba-tiba. Sebelum peregangan kulit karenanya gunakan pelembab terus," imbuh dia.

Masalah kulit lain yang diakibatkan oleh hormon ialah skin tag dan jerawat. Untuk jerawat, cara merawatnya dengan menjaga kebersihan kulit agar tidak berminyak dan tidak menyumbat pori-pori.

Sedangkan skin tag, ini adalah lapisan kulit yang muncul berbentuk bintil. Skin tag juga dikarenakan oleh hormon yang mengakibatkan tumbuhnya bagian kulit baru.

"Mengatasinya bisa dengan mendapatkan perawatan ke dokter untuk diangkat," ujar dokter yang praktik di RS Atma Jaya ini, kepada HaiBunda (6/3/2020).
Regina juga menyarankan untuk selalu dan biasakan memakai pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Di samping itu, gunakan sunscreen physical yang mengandung zinc oxcide dan titanium dioxcide yang ramah bagi ibu hamil.

Gunakan juga pelindung matahari tambahan, seperti topi, payung, kacamata untu menghindari efek buruk matahari yang juga mengakibatkan kulit menjadi kusam dan munculnya flek.

Lihat juga yuk Bun, style baju kerja untuk ibu hamil pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(AFN/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi