sign up SIGN UP search


kehamilan

Wow, Kacang Merah Ternyata Bermanfaat untuk Promil, Ibu Hamil & Bayi

Annisa Afani Selasa, 05 May 2020 05:40 WIB
ilustrasi ibu hamil makan caption
Jakarta - Bunda tentunya sudah tidak asing dengan kacang merah, kan? Selain mudah diolah menjadi berbagai jenis menu makanan, kacang merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebagaimana yang dilansir dari HealthLine, studi menunjukkan bahwa kacang merah mengandung hingga 29 jenis antioksidan yang berbeda, yang menjadi senyawa bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penuaan dan penyakit. Selain itu, kacang merah kerap dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, mulai dari kesehatan jantung, penurunan berat badan, kesehatan pencernaan, hingga manfaat besarnya untuk kehamilan.


Selain itu, Baby Ment juga menyebutkan bahwa manfaat kacang merah tidak hanya didapat saat dikonsumsi saat ibu hamil, namun bisa dimulai dari awal pemrograman bagi pasangan yang ingin memiliki anak, hingga bayi dilahirkan berusia 1 tahun lho Bun. Luar biasa bukan?


Untuk lebih jelasnya, berikut telah HaiBunda rangkum manfaat kacang merah bagi wanita untuk kehamilan sebagai berikut:

Manfaat bagi Bunda:

Program hamil

Kacang ini sangat baik dikonsumsi oleh pasangan, karena mengandung vitamin A, B6 dan mineral seperti magnesium dan zat besi yang bermanfaat bagi pasangan yang sedang berusaha untuk hamil. Itu karena adanya kandungan antioksidan yang dapat melindungi organ reproduksi dari serangan radikal bebas, sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Selama masa kehamilan

Vitamin A, B6, mineral seperti magnesium dan zat besi dalam kacang merah bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang sedang tumbuh.

Kacang merah juga merupakan sumber serat yang baik yang dapat membantu mencegah sembelit selama kehamilan. Sembelit dapat terjadi sangat sering karena perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil yang memperlambat pergerakan usus.

Ditambah lagi, kacang ini juga menjadi sumber asam folat yang baik, untuk membantu mencegah cacat lahir pada bayi baru lahir.

pregnant young womanIbu hamil/ Foto: iStock

Saat melahirkan

Kacang merah adalah sumber zat besi yang baik yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Ini bermanfaat untuk ibu hamil yang berjuang melawan anemia.

Ibu dapat kehilangan banyak darah selama persalinan dan melalui lokia. Sehingga Pembentukan darah menjadi sangat penting bagi ibu baru untuk pulih.

Saat Menyusui

Kacang merah adalah makanan sehat untuk ibu selama menyusui karena kaya akan zat besi. Ini bermanfaat bagi ibu dan bayi yang sedang tumbuh, sebab zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi yang menyusui. Terakhir, kacang merah juga dapat membantu meningkatkan sekresi air susu ibu (ASI).

Manfaat bagi bayi:

Bayi usia 7-8 bulan

Orang tua dapat mengenalkan kacang merah untuk bayi ketika dia berusia 6 bulan ke atas dan telah memasuki fase MPASI. Kacang merah kaya akan banyak mineral seperti kalsium, kalium, besi, tembaga, magnesium yang baik untuk perkembangan kesehatan bayi.

Bayi usia 10-12 bulan

Kacang merah kaya akan banyak antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi. Di dalamnya juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, kalium, besi, tembaga, magnesium yang baik untuk perkembangan kesehatan bayi.

Bayi usia satu tahun ke atas

Kacang merah dengan banyak antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi, serta mencegah serangan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Selain itu, mineralnya seperti kalsium, kalium, besi, tembaga, magnesium sangat baik untuk perkembangan kesehatan bayi.

Untuk mengolah kacang merah yang akan diberikan untuk bayi, Bunda mungkin perlu untuk memasaknya dengan waktu yang lebih lama agar mudah dicerna oleh bayi.

Lihat juga resep soes kacang merah dalam video berikut Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi