sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mengatasi Sembelit Ibu Hamil, Cobain Senam Kegel Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 10 Jun 2021 11:25 WIB
Young pregnant woman suffering from abdominal pain at home caption

Jakarta - Kehamilan seringkali membawa beberapa perubahan pada Bunda hamil. Salah satunya yang kerap tidak nyaman yakni sembelit. Hmm, kalau sudah sembelit menyerang rasanya nggak karuan ya, Bunda.

Ya, buang air besar secara teratur memang dapat memberikan kenyamanan pada pencernaan. Tetapi, ketika agenda buang air besar tersendat tentu saja dapat meningkatkan ketidaknyamanan yang sangat besar. Perut pun jadi kembung dan rasanya sangat tidak nyaman.

Menurut Hyagriv Simhan, MD, seorang spesialis kedokteran ibu-janin di Magee Women Hospital, sembelit selama kehamilan dapat disebabkan beberapa faktor.


Salah satunya yakni karena pengaruh meningkatnya progesteron, yang ternyata berimbas pada melemaskan otot-otot usus yang memperlambat saluran pencernaan. Dengan begitu, peningkatan suplai darah membutuhkan lebih banyak asupan cairan yang membuat Bunda mengalami dehidrasi dan berkontribusi memperlambat buang air besar. Di samping itu, zat besi dalam vitamin prenatal pada akhirnya menyebabkan sembelit.

Curhat Deva RachmanCurhat Deva Rachman/ Foto: HaiBunda

"Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit ibu hamil yakni dengan melakukan pencegahan," ujarnya seperti dikutip dari laman UPMC.

Simhan menyarankan agar Bunda hamil dapat meningkatkan asupan cairan setidaknya delapan gelas setiap harinya. Hal ini tentunya akan membuat makanan padat bergerak melalui saluran pencernaan dan membantu menjaga tinja tetap lunak. Selain itu, peningkatan asupan cairan juga membantu menyetabilkan volume darah.

Melansir dari Whattoexpect, berikut ini beberapa cara lain mengatasi sembelit ibu hamil yang dapat dicoba ya, Bunda:

1. Lawan dengan serat

Makanan kaya serat membantu Bunda menghilangkan 'limbah' di pencernaan. Makanlah sayuran hijau untuk membantu memperkaya serat atau tambahkan buah-buahan dalam asupan harian selama kehamilan.

2. Makan dalam porsi kecil

Jangan terlalu mengonsumsi porsi besar saat makan. Sebab, makan dalam porsi besar dapat membebani saluran pencernaan. Karenanya, cobalah makan makanan dalam porsi kecil tetapi sering.


Informasi lebih lanjut klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Benarkah kebanyakan makan pisang sebabkan sembelit, simak ulasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI SEMBELIT IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi