sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan

Siti Hafadzoh Minggu, 17 May 2020 10:45 WIB
Young beautiful pregnant woman preparing healthy meal with fruites and vegetables 5 Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan/ Foto: iStock
Jakarta -

Tubuh Bunda perlu tetap sehat dan bugar selama hamil. Dengan menjalani pola hidup sehat selama kehamilan, tubuh Bunda tidak mengalami berbagai penyakit atau komplikasi.

Selain itu, menjalani kehamilan yang sehat juga dapat memberikan dampak positif bagi janin. Ada berbagai upaya yang bisa Bunda lakukan.

Mulailah menjalani gaya hidup sehat dengan aktivitas fisik dan asupan yang bernutrisi selama kehamilan. Nah, dikutip dari Parents berikut ini 5 tips menjalani gaya hidup sehat selama kehamilan:


1. Olahraga

Tetap aktif sangat penting untuk kesehatan ibu hamil, serta mengurangi stres. Olahraga dapat mengontrol berat badan, meningkatkan sirkulasi, menaikkan mood, dan tidur lebih baik.

Cobalah ikuti kelas olahraga hamil, setidaknya 15-20 menit setiap hari. Bunda bisa lakukan olahraga yang umum untuk ibu hamil, seperti pilates, yoga, berenang, dan berjalan.

2. Kurangi racun untuk tubuh

Tembakau, alkohol dan narkoba berdampak buruk pada kehamilan, seperti keguguran dan berbagai dampak lainnya. Merokok dapat mengurangi aliran oksigen ke bayi, Ini dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berbagai komplikasi.

Ilustrasi ibu hamil olahragaIlustrasi ibu hamil olahraga/ Foto: iStock

3. Ukur berat badan

Makan terlalu banyak akan sulit untuk menguranginya lagi nanti. Pada saat yang sama, berat badan yang tidak bertambah dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

4. Minum banyak air

Selama hamil, darah Bunda menyediakan oksigen dan nutrisi untuk janin melalui plasenta dan membuang karbondioksida. Ini berarti volume darah meningkat 50 persen untuk mengatasi fungsi ini.

Jadi, ibu hamil perlu minum lebih banyak air. Minum air juga dapat mencegah sembelit, lemas, sakit kepala, dan gejala lainnya. Minum 8-10 gelas per hari ya, Bun.

Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan metabolik, asupan menuju janin akan berkurang. Akibatnya, perkembangan janin bisa terhambat.

"Itu efeknya janin mengalami IUGR atau intrauterine growth restriction di mana janin tumbuhnya terhambat, berat janin di bawah 10 persen kurva berat badan janin normal," kata dr.Rinto Riantori, Sp.OG.

5. Konsumsi makanan kaya folat

Untuk memenuhi nutrisi selama hamil, Bunda perlu konsumsi makanan yang kaya akan folat. Misalnya, sereal, asparagus, dan jeruk.

"Asam folat sangat penting untuk perkembangan yang tepat dari tabung saraf bayi (meliputi sumsum tulang belakang), dan sangat penting untuk membuat sel darah merah baru," kata Frances Largeman-Roth, R.D., penulis Feed the Belly.

Lakukan pekerjaan sehari-hari yang setara dengan senam hamil berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi