sign up SIGN UP search


kehamilan

Pahami Alergi Sperma, Kondisi Langka yang Bisa Bikin Bunda Sulit Hamil

Kinan Jumat, 22 May 2020 16:33 WIB
Unhappy young couple. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. Pahami Alergi Sperma, Kondisi Langka yang Bisa Bikin Bunda Sulit Hamil/ Foto: iStock
Jakarta -

Alergi sperma atau seminal plasma hypersensitive (HSP) menjadi salah satu kondisi langka yang bisa dialami oleh wanita. Dalam kondisi ini, muncul reaksi alergi akibat adanya kandungan protein tertentu dalam sperma.

Dilansir Healthline, pakar kesehatan Shannon K. Laughlin-Tommason, MD, menjelaskan bahwa alergi sperma menjadi kondisi yang juga perlu dipertimbangkan pasutri.

Beberapa gejala alergi sperma yang bisa muncul misalnya ruam merah, bengkak dan nyeri seperti terbakar pada bagian kulit yang terkena sperma.


Gejala ini umumnya muncul sekitar 15-20 menit setelah kulit terpapar sperma. Untuk lebih memastikan, tes alergi mungkin perlu dilakukan juga ya, Bun.

Ini karena alergi sperma seringkali disalahartikan sebagai kondisi yang lain sehingga tidak terdiagnosis. Misalnya dianggap sebagai infeksi menular seksual (klamidia atau herpes), infeksi jamur atau vaginosis bakteri.

Ilustrasi spermaIlustrasi sperma. (Foto: iStock)

Benarkah alergi sperma bisa memengaruhi peluang kehamilan? Menurut Laughlin-Tommason, hubungan ini sebenarnya tidak terjadi secara langsung, Bun. Hanya saja, reaksiĀ alergi yang muncul dapat mengganggu aktivitas seksual.

Hal serupa juga disampaikan oleh pakar fertilitas, Thanos Papathanasiou. Dikutip dari Baby Center, ia menjelaskan bahwa jika memang alergiĀ sperma dirasakan membuat Bunda sulit hamil, sebaiknya segera cek ke dokter.

"Dokter akan memeriksa dan memberikan perawatan untuk secara bertahap menurunkan rasa sensitif pada tubuh, walaupun ada risiko gagal. Wanita yang alergi sperma bisa menggunakan teknik bayi tabung atau in vitro fertilisation (IVF)," tutur Papathanasiou.

Simak juga posisi yang baik bagi ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi