sign up SIGN UP search


kehamilan

Minum Air Es Saat Bunda Hamil Bikin Bayi Besar? Ini Penjelasan Ahli

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Sabtu, 30 May 2020 08:01 WIB
Ilustrasi ibu hamil minum air putih caption
Jakarta -

Banyak larangan dan pantangan yang biasanya disarankan orang pada ibu hamil. Salah satunya ibu hamil dilarang minum air es karena nanti bayinya akan lahir besar, apakah hal tersebut benar?

Ditegaskan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K) hal tersebut adalah mitos, Bunda. Tidak benar bahwa ibu hamil yang minum air dingin atau air es menyebabkan bayinya nanti lahir besar.

"Ada yang bilang wanita hamil enggak boleh minum yang dingin-dingin, nanti bayinya gede, bisa jadi gemuk. Yang bikin bayi gede dan gemuk itu kalau minum dinginnya itu ditambahin gula," ujar Boy, dilansir Instagram @boyspog, Jumat (29/5/2020).


Kata Boy, yang menyebabkan bayi lahir besar bukanlah air es itu sendiri, melainkan gula yang ditambahkan dalam air es. Gula tersebut menyebabkan kalori ibu bertambah, yang nantinya membuat bayi lahir besar.

"Gula itu yang membuat kalorinya bertambah, jadi kalau air putih saja atau air dingin saja, nol kalorinya. Tapi gula kalorinya cukup tinggi, apalagi kalau manis banget," tutur Boy.

"Jadi buat Anda wanita hamil, kalau mau minum air dingin, boleh saja, tapi jangan ditambah gula," sambungnya.

ilustrasi es batuilustrasi es batu/ Foto: (Thinkstock)

Hal senada juga ditulis dalam buku 'Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi' yang ditulis oleh kumpulan dokter, salah satunya dr.Sudung O Pardede, SpA(K). Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa bayi yang lahir besar dipengaruhi oleh banyak hal di antaranya genetika, penyakit yang dimiliki ibu, nutrisi, dan kehamilan lebih bulan.

"Tidak ada hubungan antara minum air es dengan berat badan lahir bayi, namun minumlah air yang benar-benar matang untuk kesehatan bayi," demikian disebutkan dalam buku tersebut, dilansir detikcom.

Sebaliknya, jika air es tersebut dicampur dengan sirup manis atau minuman manis lainnya, kemudian ibu hamil konsumsi terus menerus maka ibu berisiko diabetes. Lalu jika gula darah ibu terlalu tinggi maka berdampak pada janin, yakni menjadi terlalu besar. Jika sudah begini, biasanya ibu disarankan untuk melahirkan dengan cara caesar.

Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!