sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Mitos & Fakta Ibu Hamil Minum Es, Benarkah Bisa Bikin Bayi Mengembang?

Dewi Ratna Rabu, 13 Oct 2021 07:10 WIB
Ilustrasi ibu hamil minum air es caption

Untuk memastikan Bunda menjalani kehamilan yang sehat, ada beberapa anjuran dan larangan yang mungkin disarankan oleh dokter. Ini termasuk kaitannya dengan pertanyaan, bolehkah ibu hamil minum air es? Bunda yang sedang hamil pasti pasti pernah berpikir demikian.

Beredar beberapa mitos seputar pertanyaan 'bolehkah ibu hamil minum es?' ini, dan beberapa di antaranya pun punya penjelasan secara ilmiah atau medis. Untuk lebih tahu tentang ini, Bunda bisa simak serba-serbi ibu hamil minum es berikut ini.

Ibu hamil minum es sebabkan sakit perut?

Beberapa perubahan fisik di masa kehamilan membuat pergerakan usus lebih lambat. Jadi, apa pun yang Bunda konsumsi, jika itu menyebabkan respon buruk dalam tubuh sebelum masa kehamilan, maka akan lebih berpotensi buruk saat Bunda hamil.


Namun kabar tentang ibu hamil minum es menyebabkan sakit perut ternyata mitos belaka. Memang ada respon terhadap makanan dingin dan panas yang ekstrem di mulut Bunda, dengan semua area sensorik yang bekerja dengan sangat baik. Namun, apa yang masuk ke mulut Bunda akan diencerkan di sepanjang kerongkongan menuju perut, sehingga tidak akan ada rasa sakit.

Bunda mungkin akan merasa sakit perut jika terlalu banyak minum soda. Perlu diingat bahwa kebanyakan minum soda juga bisa membuat sakit perut meski tidak sedang hamil.

Ibu hamil minum es sebabkan bayi mengembang

Di Indonesia, turun-temurun muncul pertanyaan, bolehkah ibu hamil minum es? Ini terkait kabar bahwa jika ibu hamil minum es, maka akan membuat janin mengembang. Bunda yang membaca ini juga pernah dengar kabar itu kan?

Faktanya, ibu hamil minum es sebabkan bayi mengembang ternyata juga hanya mitos. Jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil minum es, tentunya: boleh! Jika hanya air dingin, misalnya seperti air putih dingin saja, tak akan menjadi masalah, karena air putih dingin tidak mengandung kalori.

Ibu hamil minum es sebabkan air ketuban dingin

Mungkin Bunda juga pernah mendengar orang bilang bahwa jika minum es saat sedang hamil, maka air ketuban akan ikut dingin. Sebelum Bunda tahu faktanya, pasti merasa khawatir dan kasihan pada Si Kecil di dalam perut, kalau memang benar bahwa minum es bisa sebabkan air ketuban dingin.

Nah, sekarang waktunya Bunda tahu faktanya, bahwa ibu hamil minum es tidak akan menyebabkan air ketuban maupun air susu ibu jadi dingin. Secara ilmiah, minuman dingin pasti aman dikonsumsi ibu hamil, karena berapapun suhunya, ketika sampai di lambung dan usus, otomatis suhu tersebut akan menyesuaikan dengan tubuh.

"Karena semua makanan dan minuman dingin itu akan dihangatkan di lambung, enggak akan bikin air ketuban dingin, atau air susu dingin. Jadi, enggak masalah minum dingin," ujar dr. Lestari Mustika Rini, Sp.OG.

Ibu Hamil Minum Es Sebabkan Flu

Ada satu hal yang jadi alasan kenapa ibu hamil perlu mengurangi minum es. Bukan menyebabkan sakit perut, bayi mengembang, dan air ketuban dingin, tapi ibu hamil minum es bisa memicu gangguan kesehatan yang sebaiknya memang tidak dialami ibu hamil.

"Bumil perlu hati-hati minum yang dingin-dingin, karena bisa jadi pemicu flu," ungkap dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Mengingat bahwa saat hamil Bunda harus memerhatikan apa saja yang dikonsumsi, ini termasuk juga soal obat-obatan. Saat flu, biasanya obat yang dibutuhkan untuk meredakan, mengandung bahan-bahan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Nah, setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan bolehkan ibu hamil minum es, Bunda sudah tahu kan harus bagaimana? Tetap kontrol konsumsi minuman atau makanan dingin, agar tidak terkena flu, ya!

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!