sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan yang Dipercaya Dapat Cegah Kehamilan Usai Berhubungan Intim

Annisa Karnesyia Selasa, 09 Jun 2020 18:59 WIB
Pasangan suami istri caption
Jakarta -

Mencegah kehamilan dapat dilakukan dengan cara alami, Bunda. Beberapa di antaranya dengan menggunakan alat kontrasepsi atau mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Menurut ginekolog Dr. Nina Mansukhani, alat kontrasepsi seperti pil memiliki efek negatif pada tubuh dalam jangka waktu panjang. Sedangkan, makanan untuk mencegah kehamilan dapat digunakan meski tidak selalu efektif.

"Tentu saja tidak satu pun dari metode ini yang 100 persen efektif, semua hanya pencegahan. Jadi, yang terbaik adalah mempraktikkan seks seaman mungkin," kata Mansukhani, dilansir Parenting First Cry.


Berikut 7 jenis makanan yang dipercaya bisa mencegah kehamilan, dilansir berbagai sumber:

1. Makanan tinggi vitamin C

Vitamin C memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, vitamin ini juga dikenal sebagai metode pengendalian kelahiran yang ideal dan aman. Tingginya persentase asam askorbat di vitamin C dapat mencegah hormon progesteron untuk mencapai ovula.

2. Kayu manis

Kayu manis adalah bahan yang efektif untuk mencegah kehamilan secara alami. Cukup rendam kayu manis dalam air semalaman, lalu minum air tersebut keesokan paginya. Cara ini membantu dalam merangsang rahim.

3. Pepaya

Mengonsumsi pepaya segera usai bercinta dapat menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Buah ini juga dapat mengurangi jumlah sperma pada pria, namun akan kembali normal saat tidak mengonsumsinya lagi.

Ayah dan Bunda bisa makan pepaya dua kali sehari untuk hasil yang optimal. Pepaya dapat menjadi obat KB alami yang efektif mencegah kehamilan.

PepayaBuah Pepaya/ Foto: Thinkstock

4. Jahe

Air jahe juga dipercaya dapat menginduksi menstruasi dan mencegah kehamilan. Parut beberapa jahe dan rebus dalam air selama lima menit, lalu disaring.

Air rebusan jahe dapat dikonsumsi dua kali sehari atau satu gelas setiap hari, setelah berhubungan seksual.

5. Buah ara kering

Rutin makan 2-3 potong buah ara kering dapat menghindari kehamilan. Namun, jangan makan terlalu banyak, karena dapat mengganggu kesehatan perut. Buah ara juga bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah.

6. Nanas

Beberapa orang percaya bahwa nanas dapat mencegah kehamilan. Banyak yang menyarankan untuk makan nanas mentah setiap hari selama 2-3 kali sehari, setelah berhubungan seks.

Salah satu zat dalam buah nanas dapat melunakkan mulut rahim jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meski begitu, belum ada penelitian yang mendukung pendapat ini ya, Bunda.

7. Aprikot

Buah aprikot dapat dimanfaatkan untuk mencegah implantasi janin secara alami. Cukup tambahkan 100 gram aprikot kering dan dua sendok makan madu dalam secangkir air.

Kemudian, rebus campuran bahan-bahan tersebut selama 20 menit dan minumlah secara rutin. Cara lainnya adalah langsung makan 10 biji buah aprikot usai berhubungan seksual.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Bunda menggunakan metode ini untuk mencegah kehamilan. Sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan dan jika menimbulkan efek samping, segera hentikan penggunaannya.

"Bahan herbal dan makanan yang tercantum itu tidak 100 persen efektif atau 100 persen bebas efek samping," kata Mansukhani.

Simak juga cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi