sign up SIGN UP search


kehamilan

Metode Kontrasepsi yang Tepat untuk Tunda Kehamilan di Masa Pandemi

Siti Hafadzoh Rabu, 10 Jun 2020 07:00 WIB
Oral contraceptive pill on pharmacy counter with colorful pills strips background. caption
Jakarta -

Di masa pandemi corona sekarang ini, orang-orang mungkin ragu untuk datang ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk melakukan kontrasepsi. Alhasil, selama pandemi ini, ada banyak kehamilan yang tidak direncanakan.

Keadaan sekarang memang tidak memungkinkan Bunda untuk sering-sering datang ke faskes. Ini karena kalau sering pergi ke faskes khawatir akan terpapar virus.

Namun, bukan berarti Bunda tidak bisa mencegah kehamilan menggunakan alat kontrasepsi ya. Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) menjadi pilihan yang tepat ketika new normal.


"MKJP adalah metode yang pas, tidak harus keluar (rumah) setiap bulan," kata Dr Emi Nurjasmi, M.Kes Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam Webminar Urgensi Pelayanan KB Pada Masa New Normal, Selasa (9/6/2020).

Dengan menggunakan MKJP, Bunda tak perlu sering pergi ke faskes untuk mendapatkan kontrasepsi. Alat kontrasepsi yang termasuk dalam kategori MKJP adalah implan dan IUD.

"Dengan new normal, hidup tetap berlanjut .Tapi dengan aturan yang melindungi kita dari Covid-19. Menelepon dulu ke faskesnya supaya di sana kita bisa langsung mendapatkan pelayanan," tambah Emi.

Selain MKJP, alat kontrasepsi yang dijual bebas pun bisa menjadi pilihan. Metode ini tidak mengharuskan Bunda datang ke fasilitas kesehatan.

"Ada metode kontrasepsi yang tidak perlu ke faskes," kata Head of Strategic Planning DKT Indonesia, Aditya A. Putra.

Alat kontrasepsi yang dimaksud adalah pil KB dan kondom. Kedua alat kontrasepsi ini dijual bebas dan bisa dibeli di apotek, bahkan toko online.

Aditya mengatakan, ada beberapa pil KB yang harus dibeli dengan resep. Tapi, ada juga apotek atau toko online yang menyediakan pil KB tanpa resep.

Jadi, di era new normal ini, Bunda tetap bisa menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi ya.

Lihat juga cara aman mencegah kehamilan untuk ibu menyusui berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi