sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Bahan Alami Bantu Percepat Haid untuk Mencegah Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 05 Nov 2020 08:46 WIB
Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea caption

Jakarta - Seringkali, haid yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Hal itu memunculkan kekhawatiran tersendiri bagi Bunda yang ingin menunda atau mencegah kehamilan.

Nah, biasanya dalam kondisi seperti ini sebagian Bunda melakukan cara alternatif untuk mempercepat haid datang. Memang, hal ini tidaklah mudah dan tidak selalu berhasil untuk semua orang setiap saat.

Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir. Jika salah satu metode tampaknya tidak berhasil mempercepat haid, masih ada sederet cara lain kok, Bunda yang bisa dilakukan dan mungkin saja cocok dengan tubuh Bunda.


Melansir Bustle, jika Bunda sedang minum mengonsumsi pil, Bunda dapat memanipulasi kapan akan mendapatkan haid dan kapan tidak. Nah, jika ingin mempercepat haid, cukup beralih ke pil plasebo.

Tetapi, jika Bunda ingin melewatkan haid secara bersamaan, langsung minum pil hormonal pada minggu yang seharusnya Bunda minum. Meskipun hal ini akan membuat Bunda mengalami menstruasi sedikit berputar selama bulan depan, karena akan mengacaukan siklus 28 hari, tetapi selama Bunda tetap memantau tentunya akan baik-baik saja.

Walau begitu, tetap perlu dicatat bahwa ketika Bunda mengganti pil yang dikonsumsi, mungkin akan timbul efek lain. "Mengganti jadwal minum pil plasebo lebih awal dari yang direncanakan dapat menyebabkan sakit kepala," ujar Dr Thais Aliabadi, seorang obgyn yang berbasis di Los Angeles. 

Ini dikarenakan pil yang mengandung estrogen menjaga hormon Bunda pada tingkat tertentu. Jadi, ketika obat itu hilang, sakit kepala dan perubahan suasana hati mungkin bisa terjadi. 

Jika Bunda merasa tidak cocok dengan cara tersebut, Bunda dapat mencoba alternatif lainnya untuk mempercepat haid untuk mencegah kehamilan, di antaranya sebagai berikut ya, Bunda, seperti dkutip dari laman Times of India:

1. Peterseli

Peterseli secara tradisional digunakan untuk merangsang haid selama berabad-abad. Apiol dan myristicin, dua zat yang terkandung dalam peterseli dapat merangsang kontraksi rahim dimana menghasilkan efek pendorong pada siklus bulanan Bunda, kata Dr LovneeetBatra, seorang ahli gizi klinis dari Forti La Famme. 

Jika ingin mengonsumsinya, gunakan 6 gram daun peterseli kering yang dapat dikonsumsi dalam 3 dosis, masing-masing 2 gram dan direbus dalam 150 ml air. Minumlah teh peterseli dua kali sehari.

2. Jinten

Biji jinten juga memiliki efek serupa dengan peterseli. Bunda pun dapat menjadikannya alternatif dalam mempercepat haid.

3. Pepaya

Ini merupakan pengobatan rumahan paling efektif yang dapat mempercepat haid. Seperti diketahui, pepaya mentah dapat merangsang kontraksi di rahim dan dapat membantu menginduksi haid. Karoten yang ada dalam pepaya merangsang hormon estrogen sehingga menyebabkan haid lebih awal. 

Bunda dapat mengonsumsinya dalam bentuk mentah atau jus pepaya dua kali sehari. Satu cangkir jus pepaya sekira 200 ml atau satu mangkuk pepaya matang segar dapat dimakan  untuk mendapatkan efeknya.

4. Jahe

Teh jahe merupakan salah satu ramuan paling kuat di mana merangsang aliran haid lebih cepat. Tetapi, teh jahe memiliki beberapa efek samping seperti keasaman. Untuk haid yang sangat tertunda, kombinasi teh peterseli dan jahe direkomendasikan. Jahe dianggap dapat meningkatkan panas di sekitar rahim sehingga memicu kontraksi. 

Bunda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau jus jahe segar dengan sedikit madu atau hanya sebagai jahe mentah bersama dengan madu. Minumlah jus jahe segar setiap pagi dengan perut kosong selama beberapa hari sebelum tanggal haid Bunda dan rasakan efektivitasnya.

Nah, itulah beberapa cara alami mempercepat haid untuk mencegah kehamilan ya, Bunda. Selamat mencoba!

Bunda, simak yuk penjelasan apakah soda bisa memperlancar haid dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi