sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Ramuan Herbal yang Dipercaya Bisa Mencegah Kehamilan

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Jun 2020 20:14 WIB
manfaat minum air jahe saat perut kosong caption
Jakarta -

Alat kontrasepsi menjadi cara utama untuk mencegah kehamilan. Namun, beberapa orang percaya mengonsumsi ramuan herbal juga dapat menunda dan mencegahnya.

Meski begitu, ramuan ini tak bisa dijadikan metode kontrasepsi. Hal tersebut dijelaskan oleh perawat kesehatan seksual Bethany Fawcett.

"Herbal dan buah-buahan tidak boleh digunakan sebagai metode kontrasepsi dan beberapa bahkan bisa beracun dan berbahaya," kata Fawcett, dikutip dari Metro, Kamis (11/6/2020).


Menurutnya, cara terbaik adalah bicara ke dokter untuk menggunakan metode yang tepat. Apalagi banyak cara untuk mencegah kehamilan dan jenis kontrasepsi yang tersedia.

Metode ramuan herbal memang tidak 100 persen terbukti efektif, namun bisa dijadikan sebagai pencegahan. Nah, berikut lima ramuan yang dipercaya dapat mencegah kehamilan, dilansir Healthline dan Baby Gaga:

1. Air jahe

Jahe diketahui dapat meningkatkan aliran menstruasi. Ahli herbal menyarankan minum empat cangkir teh jahe per hari selama tidak lebih dari lima hari untuk memulai menstruasi. Bunda juga dapat mencampur satu sendok teh jahe bubuk ke dalam sekitar 170 mililiter (ml) air.

2. Air kunyit

United Nations Population Fund (UNFPA) melaporkan beberapa orang berusia 70-an di bagian barat Nepal, sebelumnya menggunakan kunyit dan air untuk mencegah kehamilan. Ramuannya adalah mencampur tiga sendok bubuk kunyit dengan air dan diminum usai berhubungan seksual.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leafIlustrasi minuman herbal dari kunyit/ Foto: iStock

3. Biji benih wortel

Wanita di daerah India mengonsumsi biji benih wortel liar setelah berhubungan seksual. Mereka minum 1 sendok teh biji benih wortel selama tujuh hari ke depan untuk mencegah implantasi dan konsepsi.

4. Tanaman rue

Ramuan dari tumbuhan rue mengandung rutin yang dapat menstimulasi adrenalin. Selanjutnya, adrenalin dapat menurunkan permeabilitas kapiler di dalam rahim, yang bisa menggagalkan implantasi sperma.

Untuk membuat ramuan ini, cukup taruh rue di dalam cangkir lalu siram dengan air mendidih. Diamkan selama 5 menit lalu saring. Minumlah ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk mencegah kehamilan.

5. Akar tanaman stoneseed

Ramuan akar tanaman stoneseed dipercaya sebagai kontrasepsi alami. Untuk membuat ramuan ini, ambil secangkir air dingin dan tambahkan akar tanaman stoneseed. Akar harus disimpan di dalam gelas air untuk waktu yang lama, setidaknya enam hingga tujuh jam.

Saring airnya dan minum satu gelas setiap hari. Proses ini harus dilakukan selama enam bulan setiap hari. Akar tanaman stoneseed juga dapat dikonsumsi dalam bentuk ekstrak atau kapsul.

Simak juga cara aman mencegah kehamilan untuk ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi