sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Senam Hamil saat Hamil Muda, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Selasa, 23 Jun 2020 13:33 WIB
Pregnant woman doing fitness ball and pilates exercise with coach. Happy future mother preparing for childbirth. caption
Jakarta -

Hamil menjadi hal yang paling diidamkan oleh semua wanita yang telah menikah. Dan selama masa awal kehamilan, sebagian Bunda akan merasakan berbagai macam gejala..

Gejala-gejala yang dirasakan selama kehamilan tersebut menandakan bahwa Bunda tengah dalam kondisi hamil muda. Selain rasa mual, sebagian wanita yang hamil muda juga merasa ingin muntah, meriang dan lemas.

Rasa mual dan muntah ini akan berkurang sampai trimester pertama berakhir. Mengutip 'Buku Pintar Ibu Hamil' disebutkan bahwa mual dan muntah merupakan tanda umum yang terjadi pada ibu hamil, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan.

Gejala mual dan muntah atau biasa disebut morning sickness (meski tidak melulu muncul di pagi hari) baru dialami oleh sebagian ibu hamil setelah sebulan terjadi pembuahan, Bunda.

Selain itu, ciri ciri lain seperti intensitas buang air yang sering, penciuman sensitif, rasa cemas hingga mudah lelah merupakan hal lumrah ketika masa kehamilan muda. Salah satu upaya untuk menguranginya adalah dengan berolahraga.

Tentu saja olahraga yang dimaksud adalah olahraga yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan aman bagi kehamilan. Senam hamil merupakan salah satu olahraga yang bisa Bunda lakukan selama masa hamil muda.

pregnancy, sport, fitness, people and healthy lifestyle concept - group of happy pregnant women with dumbbells exercising on ball in gymIlustrasi senam hamil/ Foto: thinkstock

Senam hamil digolongkan sebagai olahraga kategori sedang yang tidak sampai menyebabkan kelelahan pada ibu hamil. Di samping itu, senam hamil adalah suatu bentuk latihan yang berguna untuk memperkuat otot dinding perut dan dasar panggul yang berhubungan dengan proses persalinan.

Mengutip buku '1001 Tentang Kehamilan', secara rinci, senam hamil memiliki tujuan manfaat, antara lain:


1. Melatih dan menguasai teknik pernapasan yang sangat penting selama masa kehamilan dan proses persalinan.

2. Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, paha bagian dalam, panggul dan lembaran ligamentum, sehingga lebih siap untuk melakukan proses kontraksi dan relaksasi ketika persalinan.

3. Melatih sikap tubuh yang benar selama kehamilan untuk menghindari beberapa keluhan yang timbul karena perubahan bentuk tubuh.

4. Menciptakan relaksasi tubuh, dengan latihan-latihan kontraksi dan relaksasi.

5. Mencegah masalah pada kaki akibat varises, dan memelihara fungsi kaki dengan latihan yang dapat menghindari dan mengatasi rasa nyeri dan bengkak.

Adapun beberapa senam hamil, seperti:

1. Senam aerobik

2. Kalistenik

3. Relaksasi

4. Senam Kegel atau disebut juga senam latihan otot panggul bawah.

Simak juga Bunda, gerakan senam 7 menit di rumah pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi