sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Hal yang Paling Sering Dialami Ibu Hamil Muda

Kurnia Yustiana Minggu, 21 Jun 2020 18:19 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta -

Bunda yang sedang menanti kehadiran sang buah hati, maupun masih program hamil, sebaiknya mengetahui pula tentang tanda-tanda apa saja yang paling sering dialami saat hamil.

Ketika hamil muda misalnya, ada berbagai hal yang umumnya kerap dirasakan Bunda. Namun tak jarang Bunda tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil.

"Jika mengalami satu ataupun beberapa gejala, tidak selalu berarti ibu sedang hamil. Sebaliknya, bisa jadi ibu sebenarnya hamil walaupun tidak mengalami gejala kehamilan," ungkap dr.Fredrico Patria, Sp.OG, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.


Nah, bila merasakan berbagai hal seperti mual hingga frekuensi buang air meningkat, sebaiknya dicek lebih lanjut. Jangan-jangan Bunda tengah hamil muda.

Mengutip Baby Centre, Minggu (21/6/2020), berikut ini 7 hal yang paling sering dialami saat ibu hamil muda:

1. Mual

Ibu hamil muda umumnya akan merasakan mual di awal kehamilan. Mual yang menjadi tanda bahwa Bunda hamil muda dapat terjadi pada pagi, siang, maupun malam hari.

Bunda akan merasa tak enak badan bahkan sampai muntah. Meskipun banyak wanita yang mual ketika hamil muda, tak sedikit pula yang justru tidak merasakannya.

2. Sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang meningkat merupakan hasil dari perubahan hormon yang memicu peningkatan laju aliran darah melalui ginjal. Kandung kemih terisi lebih cepat, sehingga jadi sering terasa ingin buang air kecil.

3. Spotting dan kram

Spotting biasanya muncul 6 sampai 12 hari setelah sel telur dibuahi. Spotting adalah munculnya bercak darah melalui vagina. Hal ini kerap disertai kram pada perut bagian bawah.

Para ahli belum mengetahui secara pasti kenapa spotting terjadi saat hamil muda. Diperkirakan spotting ini muncul karena pembentukan plasenta.

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi/ Foto: shutterstock

4. Perubahan payudara

Saat hamil muda, payudara akan terasa lebih sensitif ketika disentuh. Ini mirip seperti yang Bunda rasakan menjelang menstruasi, tetapi lebih dari itu. Selain itu, ukuran payudara menjadi lebih besar, dengan pembuluh darah terlihat tepat di bawah kulit.

5. Mudah lelah

Kamu mungkin lebih sering merasa ingin beristirahat sambil berselimut di kasur. Sebab, tubuh akan terasa lebih mudah lelah saat hamil muda.

Hormon kehamilan mengalami kenaikan sejak awal kehamilan. Nah, hormon ini ikut andil dalam membuat Bunda merasa lelah, sedih dan emosional.

6. Terlambat menstruasi

Menstruasi yang terlambat menjadi tanda utama dari kehamilan. Jika menstruasi yang biasanya teratur mulai terlambat, sebaiknya coba tes kehamilan. Lakukan tes ini sebelum menyadari adanya tanda kehamilan lainnya.

7. Ngidam

Mengidam makanan seringkali dirasakan ibu hamil muda. Bunda bisa mengidam makanan dengan rasa tertentu. Misalnya jadi ingin sekali makan makanan asin dan manis.

Namun makanan yang biasanya jadi favorit, bisa juga malah tak ingin lagi dimakan ketika hamil muda. Reaksinya berbeda-beda setiap orang.

Selain itu, indra penciuman dapat menunjukkan perubahan pula. Wanita yang hamil muda kerap lebih sensitif terhadap bau suatu makanan.

Simak juga video cerita dokter hamil 7 bulan rawat pasien Corona:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi