sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Ibu Hamil Dilarang Membungkuk dan Cara Menyiasatinya

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 27 Jun 2020 10:30 WIB
A pregnant fitness instructor is demonstrating how to do a reverse push up to one of the mothers in her fitness bootcamp. caption
Jakarta -

Kehamilan memang tidak akan menghalangi Bunda beraktivitas. Namun, perlu diperhatikan nih, Bunda, ada beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari.

Salah satu hal yang sering para Bunda lupakan adalah berjongkok. Entah refleks mengambil sesuatu yang terjatuh di lantai, atau membungkuk membersihkan kolong meja, dan sebagainya.

Meskipun Bunda merasa hal tersebut baik-baik saja dan tidak merasakan efek apa pun, tapi ternyata hal itu tidak disarankan.


Melansir dari Parenting First Cry, membungkuk memang dianggap aman selama bayi terlindung di dalam rahim Bunda. Cairan ketuban yang melindungi bayi memungkinkan bayi menggerakkan tubuhnya dan anggota badan ketika Bunda membungkuk.

Meskipun tidak mungkin menyakiti bayi Bunda, membungkuk mungkin akan membuat ibu hamil sangat tidak nyaman saat kehamilan berlangsung. Selain itu, membungkuk juga dapat membuat Bunda menjadi tegang.

A pregnant fitness instructor is demonstrating how to do a reverse push up to one of the mothers in her fitness bootcamp.Alasan ibu hamil dilarang membungkuk/ Foto: iStock

Untuk mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin timbul, jika tidak ada pilihan selain membungkuk, sebaiknya Bunda dapat merentangkan kedua lutut dan berjongkok. Dan, saat Bunda bangkit dari posisi membungkuk, manfaatkan tangan, lutut, dan paha.

Kemudian, jika Bunda mengangkat sesuatu yang berat, posisikan di bawah perut Bunda untuk tetap sejajar dengan pusat gravitasi. Serta, berhati-hatilah saat melakukan pekerjaan sehari-hari dan jangan ragu mencari bantuan jika dibutuhkan.

Tricia O'Brien dari American Baby Magazine mengatakan, wanita hamil memang biasanya dibombardir dengan berbagai aturan tentang apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan. Tetapi, kadang-kadang, apa yang terdengar baik dalam teori itu tidak terlalu praktis.

"Meskipun nasihat yang baik layak untuk didengarkan, Bunda tidak selalu bisa mengikuti setiap aturan karena akan menghalangi hidup. Sebaiknya, Bunda melakukan yang terbaik yang Bunda bisa dan terkadang hal tersebut perlu Bunda lakukan," ujarnya seperti dkutip dari laman Cbsnews.

Karenanya, O'Brien mengingatkan agar lebih fokus menjaga kesehatan selama kehamilan, ketimbang merasa bersalah karena telah melakukan hal yang tidak disarankan selama kehamilan.

Dalam hal ini, lakukanlah yang terbaik yang Bunda bisa. Mengingat wanita hamil sangatlah mudah lelah, Bunda pun perlu memenuhi istirahat yang cukup sebagai kunci untuk memiliki kehamilan yang sehat serta memenuhi nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi yang maksimal.

Semoga membantu ya, Bunda!

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi