sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda-tanda Seminggu Jelang Melahirkan, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Rabu, 24 Jun 2020 16:52 WIB
ilustrasi ibu hamil sakit caption
Jakarta -

Menjelang persalinan menjadi saat yang mendebarkan bagi setiap wanita. Bukan hanya karena akan menyambut sang buah hati, namun juga karena melahirkan adalah momen di mana wanita mempertaruhkan nyawanya.

Tentunya banyak hal yang mesti dipersiapkan menjelang hari kelahiran. Dan ada baiknya jika Bunda sendiri tahu tanda-tanda akan melahirkan, agar bisa lebih mempersiapkan mental.

Nah, berikut ini lima tanda-tanda seminggu akan melahirkan yang bisa Bunda cermati, dilansir berbagai sumber.


1. Melebarnya leher rahim

Leher rahim mulai melebar bisa jadi tanda-tanda seminggu lagi Bunda akan melahirkan. Kondisi ini merupakan cara kondisi alami tubuh untuk mempersiapkan diri sebelum melahirkan bayi.

Semakin dekat waktu melahirkan, leher rahim akan semakin melebar dan tipis. Pelebaran leher rahim ini akan semakin cepat bila disertai dengan kontraksi perut yang semakin teratur.

2. Sering lelah

Bila Bunda sering merasa lelah yang semakin berat mungkin itu pertanda bahwa bayi akan lahir dalam waktu seminggu lagi. Ini disebabkan karena kondisi perut yang makin membesar dan sistem pencernaan yang makin terganggu. Kondisi ini juga kerap menjadi faktor yang menyebabkan jadwal tidur Bunda di malam hari terganggu dan tak teratur. Itu sebabnya pada siang hari Bunda merasa lebih lelah dan mengantuk, demikian disampaikan Aaron K. Styer ahli endokrinologi reproduksi.

"Perut yang sangat besar dan kandung kemih yang terkompresi dan organ-organ lain, dapat membuatnya sulit untuk tidur nyenyak selama hari-hari dan minggu-minggu terakhir kehamilan," ucap Styer, dikutip dari What to Expect.

pregnant woman sitting on sofa with thermometer in living roompregnant woman sitting on sofa with thermometer in living room/ Foto: iStock

3. Diare

Saat proses melahirkan semakin dekat, biasanya Bunda akan mengalami mual, muntah, sampai diare. Bisa jadi ini tanda akan melahirkan seminggu lagi.

Diare ini terjadi karena usus bekerja lebih banyak dari biasanya untuk memproduksi hormon yang nantinya membantu persalinan.

"Sama seperti otot-otot dalam rahim Anda yang santai dalam persiapan untuk kelahiran, demikian juga otot-otot lain di tubuh Anda, termasuk yang di dubur. Dan itu dapat menyebabkan diare," tutur Styer.

Saat mengalami ini sebaiknya Bunda perbanyak menghidrasi diri dengan air putih. Meski begitu, tidak semua wanita hamil pasti mengalami gejala diare ini ya.

4. Berat badan turun

Terjadinya penurunan berat badan bisa dialami ibu hamil kurang lebih seminggu sebelum melahirkan. Tak perlu khawatir, kondisi ini tidak memengaruhi janin dalam kandungan. Ini terjadi karena cairan ketuban mulai berkurang menjelang persalinan. Berat badan Bunda juga tetap dikatakan normal meski ada penurunan.

5. Kontraksi semakin kuat

Seminggu menjelang melahirkan biasanya Bunda akan merasakan kontraksi yang lebih kuat dan lebih sering. Kontraksi adalah tanda awal persalinan aktif. Kontraksi persalinan yang sesungguhnya bisa terasa seperti kram menstruasi yang kuat, sakit perut, atau tekanan perut yang lebih rendah. Nyeri bisa di perut bagian bawah atau keduanya dan punggung bawah, dan itu bisa menyebar ke kaki.

Simak ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi