sign up SIGN UP search


kehamilan

Benar Enggak Sih Pasta Gigi Bisa Digunakan untuk Tes Kehamilan?

Annisa Afani Senin, 06 Jul 2020 19:10 WIB
ilustrasi test pack caption
Jakarta -

Setiap wanita pasti akan merasa antusias saat mulai merasakan gejala kehamilan. Ditambahkan lagi Bunda juga akan harap-harap cemas saat akan mencoba untuk melakukan tes kehamilan.

Untuk melakukan tes kehamilan, Bunda bisa menggunakan test pack yang dapat dengan mudah dibeli di supermarket maupun apotek. Selain menggunakan test pack, beberapa Bunda juga menggunakan cara atau bahan alami untuk melakukan tes, salah satunya pasta gigi.

Dikutip dari MedLife, metode dengan menggunakan pasta gigi ini bisa dijadikan alternatif untuk tes kehamilan. Namun harus menggunakan pasta gigi warna putih untuk hasil yang akurat karena pasta gigi berwarna dapat mengandung bahan kimia tambahan yang dapat memengaruhi hasilnya.


Yang Bunda butuhkan untuk melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi ini, yakni mangkuk bersih yang diisi dengan dua sendok makan pasta gigi putih dan campurkan dengan urine yang dikeluarkan pertama kali ketika bangun pagi. Itu karena kadar hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (HCG) dalam urine di pagi hari sedikit lebih tinggi, sehingga peluang mendapatkan hasil tes kehamilan yang positif lebih besar.

Nah, jika pasta gigi berubah menjadi warna biru dan berbusa, maka hal tersebut menandakan bahwa Bunda positif hamil. Jika pasta gigi tidak bereaksi, Bunda tidak hamil.

ToothpastePasta gigi/ Foto: iStock

Namun, apakah cara seperti itu benar dan terbukti akurat untuk mengetes kehamilan?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr.Budi Wiweko, Sp.OG(K), MPH menegaskan bahwa tes kehamilan dengan cara tersebut tidak benar, Bunda.

"Itu hoax. Bagaimana cara kerjanya HCG bisa dites pakai pasta gigi?" katanya, dikutip dari detikcom.

Seperti yang kita ketahui Bunda, tes kehamilan memang bisa menggunakan urine untuk mendeteksi adanya hormon HCG. Hormon ini muncul dan mulai diproduksi oleh calon plasenta janin.

Menurut dokter yang akrab disapa Iko ini, perubahan warna pasta gigi menjadi biru tersebut karena adanya perubahan pH urine yang asam. Akibatnya, menimbulkan reaksi disertai dengan munculnya busa.

Bunda, lihat juga style baju kerja saat hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi