sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Tepat Pakai Alat Tes Kehamilan agar Lebih Akurat, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 10 Oct 2020 12:58 WIB
Shot of a happy young couple looking at their pregnancy test results in the bathroom at home caption

Jakarta - Alat tes kehamilan banyak dijadikan andalan bagi Bunda yang ingin mengetahui apakah dirinya hamil atau tidak. Tetapi, bagaimana sebenarnya ya cara tepat memakainya agar hasilnya akurat?

Bunda mungkin sudah merasakan gejala kehamilan, tetapi masih ragu apakah benar-benar hamil atau tidak? Nah, biasanya nih, alat tes kehamilan jadi pilihan yang digunakan untuk membuktikan kehamilan tersebut benar atau tidaknya.

Bagi Bunda yang sedang menanti-nanti buah hati, mengetahui bahwa Bunda hamil menjadi salah satu momen terpenting dalam hidup. Sehingga, momen tersebut bisa dipenuhi kegembiraan, ketakutan, dan bisa kombinasi dari keduanya.


Tapi tahukah Bunda, sesungguhnya ada satu hal yang tidak mengganggu momen ini, yakni pembacaan alat tes kehamilan yang tidak akurat. Wah, jangan sampai ya, Bunda, hal ini jadi merusak momen penting Bunda.

Secara umum, ada lebih dari satu cara untuk menguji kehamilan. Baik dengan menggunakan alat tes kehamilan di rumah, maupun tes darah yang dengan bantuan dokter yang dapat memberikan hasil lebih akurat.

Tak perlu khawatir jika Bunda menggunakan alat tes kehamilan yang ada di pasaran. Sebab, tingkat akurasinya cukup efektif sehingga dapat diandalkan.

"Alat tes kehamilan yang dijual bebas mengandung antibodi yang telah dirancang untuk menangkap hCG,"ujar Carmen Wiley, Ph.D, ahli kimia klinis di Washington, seperti dikutip dari laman Parents.

Untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang lebih akurat, simak tips berikut ini:

1. Tunggu sampai haid terlewat

Saat ingin melakukan tes kehamilan, ada baiknya Bunda menahan keinginan untuk menguji satu hingga dua hari sebelum hari pertama haid Bunda yang terlewat. Hal ini dimaksudkan agar hasil uji dari alat tes kehamilan akurat.

Adakalanya sebagian Bunda mendapatkan hasil negatif saat melakukan tes kehamilan terlalu dini. Hasil tes bisa saja menunjukkan bahwa Bunda tidak hamil, padahal sebenarnya hamil.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Bunda dapat menggunakan alat tes kehamilan setelah hari pertama menstruasi terlewat ya, Bunda. Pada titik inilah tes kehamilan dapat mendeteksi keberadaan hCG, hormon yang diproduksi selama kehamilan. Dan pada kehamilan normal, kadar hormon ini terus meningkat.

Jadi, tahan keinginan untuk menguji bahkan satu hingga dua hari sebelum hari pertama haid Bunda terlewat ya sehingga hasilnya akurat.

2. Tes saat bangun tidur

Melansir Premier Health, Bunda dapat menguji melalui alat tes kehamilan saat pertama kali bangun tidur. Lakukan tes kehamilan di pagi hari karena saat itulah urine Bunda berada pada titik konsentrasi tertinggi, yang membuatnya lebih mungkin mendeteksi kadar hormon dalam urine Bunda.

3. Periksa tanggal kadaluarsa testpack

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa dari alat tes kehamilan yang Bunda gunakan. Ingat ya, Bunda, semua label paket harus memiliki tanggal kadaluwarsa yang tercantum di atasnya. Jika Bunda menggunakan alat tes kehamilan setelah tanggal kadaluwarsa, mungkin saja hasilnya tidak akan akurat.

Sehingga, pastikan menggunakannya dengan benar, karena alat tes kehamilan di rumah dapat mendeteksi kehamilan dengan akurasi hingga 99 persen. 

Selamat mencoba tips menggunakan alat tes kehamilan dengan benar tersebut agar hasilnya lebih akurat.

Bunda, simak juga yuk 14 tanda hamil yang jarang disadari seperti dijelaskan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi